Menhub: Mulai 1 Januari Bandara Kertajati Layani Umrah

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
05 December 2019 19:50
Menhub: Mulai 1 Januari Bandara Kertajati Layani Umrah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati, disiapkan untuk keberangkatan umrah dan haji pada Januari 2020 mendatang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan membicarakannya lebih lanjut dengan Menteri Agama Fachrul Razi.

"Kita akan mengupayakan, semua stakeholder sudah setuju mulai 1 Januari tiap hari ada umrah dari Jawa Barat bagian timur, Jawa Tengah bagian Barat [berangkat dari Bandara Kertajati]."

"Ada 180 ribu [penumpang] per tahun, setiap hari ada 1 flight dari [bandara] Kertajati," kata Budi Karya usai menggelar rakor penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, Jakarta, Kamis (5/12/2019).


Terkait kunjungan ke Kementerian Agama, Budi mengatakan sebatas kunjungan biasa. "Kami kulo nuwun dengan Menteri Agama karena dari travel sudah setuju," katanya.



Menurut Budi Karya, Bandara Kertajati memiliki cukup banyak ruang untuk menampung penumpang. Berbeda dengan Bandara Soekarno-Hatta yang sudah padat, terutama saat puncak umrah.

Budi Karya sebelumnya pernah mengungkap pengembangan Bandara Kertajati. Pada Oktober lalu, dia mengatakan akan mendesain Bandara Kertajati sebagai pusat logistik barang e-commerce.

Selain itu, penyelesaian proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang saat ini mencapai 60% juga akan meningkatkan konektivitas ke Bandara Kertajati dengan Kota Bandung. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading