Kemendag: Mendag Agus Suparmanto Orangnya Serius

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
23 October 2019 18:42
Mendag Suparmanto melakukan sertijab secara tertutup, dan tak memberikan komentar setelah sertijab.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto tidak memberi komentar saat diwawancara wartawan seusai acara serah terima jabatan dari Mendag sebelumnya, Enggartiasto Lukita di kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (23/10/2019).

Sekjen Kemendag Oke Nurwan mengatakan, Mendag Agus pada dasarnya tidak menutup diri untuk berkomunikasi kepada media. Agus, sambungnya, akan berbicara detil mengenai program setelah menerima arahan Presiden Joko Widodo pada rapat kabinet besok.

"Mohon paham Pak Menteri orangnya serius. Beliau tidak menutup diri untuk berkomunikasi, tidak akan menghindari media. Beliau sedang mempersiapkan secara lebih konkret tanggapan menunggu arahan presiden pada rapat kabinet besok," kata Oke di kantor Kemendag, Rabu (23/10/2019).




Oke menjelaskan, Agus sudah bertemu pejabat eselon I Kemendag seusai sertijab untuk mendengar kinerja masing-masing direktorat. Secara umum, program kerja Kemendag ke depannya akan menyesuaikan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Agus Suparmanto resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan di Istana Negara, Rabu (23/10/2019). Ke depan, Agus yang juga politisi PKB mempunyai tantangan, salah satunya, meningkatkan ekspor Indonesia yang dalam tren turun.

Pada Agustus 2019 misalnya, kinerja ekspor Indonesia kembali turun. Ekspor sudah turun selama hampir setahun terakhir. Pada Agustus, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Agustus adalah US$ 14,28 miliar. Turun 9,99% secara year-on-year (YoY).

Catatan ini memperpanjang rekor koreksi ekspor menjadi 10 bulan berturut-turut. Rantai terpanjang sejak Oktober 2014-Juli 2016. Selain itu, Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan juga sering menyinggung masalah investasi dan ekspor Indonesia.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading