Tugas Berat Agus Suparmanto, dari Anggar Gantikan Enggar

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 October 2019 12:27
Mendag Agus Suparmanto punya tugas berat menggenjot ekspor Indonesia yang lesu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) Kabinet Kerja II di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Ia menggantikan Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan periode sebelumnya.

Agus Suparmanto merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, ia adalah Ketua Umum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) 2018-2022. Di bawah kepemimpinannya, Ikasi tengah bersiap berkompetisi di SEA Games 2019.

Nama Agus memang kurang familiar di publik termasuk di kalangan pengusaha. Informasi soal Agus relatif minim. Namun, Agus merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB), sebuah perusahaan galangan kapal di Belitung Timur.




Sehari sebelum pelantikan, Agus menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara. Seusai pertemuan, ia mengatakan berdiskusi mengenai bidang ekonomi, terutama mengenai perdagangan dalam dan luar negeri.

"Diskusi berkaitan dengan perdagangan luar negeri dalam negeri dan internasional," kata Agus kepada awak media di Istana Negara.

Apapun latarnya, Agus ini sudah resmi jadi mendag, tugas berat telah menanti. Hal utama tentunya soal bagaimana meningkatkan ekspor Indonesia yang dalam tren turun.

Pada Agustus 2019 misalnya, kinerja ekspor Indonesia kembali turun. Ekspor sudah turun selama hampir setahun terakhir. Pada Agustus, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Agustus adalah US$ 14,28 miliar. Turun 9,99% secara year-on-year (YoY). Catatan ini memperpanjang rekor koreksi ekspor menjadi 10 bulan berturut-turut. Rantai terpanjang sejak Oktober 2014-Juli 2016.

BPS juga melaporkan nilai ekspor-impor dan neraca perdagangan pada September 2019. Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan nilai ekspor tercatat mencapai US$ 14,1 miliar.

"Terjadi penurunan lumayan tajam 5,74% secara year on year," kata Suhariyanto di Gedung BPS, Selasa (15/10/2019)

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading