Anies Bangun Kampung Akuarium yang Sempat Digusur Ahok, Bisa?

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
11 October 2019 20:39
Anies Bangun Kampung Akuarium yang Sempat Digusur Ahok, Bisa? Foto: Kampung Akuarium. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan kembali pemukiman di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, dipastikan akan berlangsung oleh Pemprov DKI Jakarta di bawah Anies Baswedan. Pemukiman akan dibangun dengan bentuk shelter dalam tiga kelompok.

"Itu bisa dibangun untuk pemukiman saudara-saudara kita yang ada di Akuarium, pasti bisa," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Rumah warga akan didirikan dengan pemandangan menghadap ke laut. Sebelumnya Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Triyanto mengatakan konsep rumah yang disiapkan disiapkan berupa rumah lapis sebanyak 142 unit dengan tipe 27 dan tinggi maksimal 4 lantai.




"Kiri kanannya sudah dibangun shelter bentuknya C dan C ada kelompok A ada B , C , tengahnya akan kita bangun jadikan pemukiman, mereka yang nantinya view-nya ke laut bisa tembus ke Kalimantan, bisa memandang calon ibu kota baru," ucap Saefullah dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Kampung Akuarium sempat digusur semasa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 2014-2017. Namun, Gubernur DKI saat ini, Anies Baswedan berencana menatanya kembali agar menjadi layak.

"Kampung Akuarium adalah salah satu kampung bersejarah yang terlibat dalam Community Action Plan untuk menata kembali kampung mereka pasca-penggusuran 2016. Tadi kita diajak melihat kebun bersama yang dikelola oleh warga, di belakang shelter sementara Kampung Akuarium," tulis Anies di akun Instagram @aniesbaswedan, pada Senin (7/10/2019). 



"InsyaAllah pembangunannya akan kita mulai pada 2020 mendatang," ungkapnya.

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta pada Mei 2017, ada 169 keluarga dengan 150 bangunan yang masih bertahan di wilayah itu. Warga meminta bangunan yang layak. Kampung Akuarium sempat digusur pada era Gubernur DKI Ahok. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading