Kepala BPN: 6 Ribu Hektare Lahan Inti Ibu Kota Sudah Siap

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
11 October 2019 14:03
Kepala BPN: 6 Ribu Hektare Lahan Inti Ibu Kota Sudah Siap
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional memastikan tak ada masalah terkait lahan yang dimiliki Sukanto Tanoto di lokasi Ibu Kota Baru.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyebut jika salah satu tugas kementerian yang dipimpinnya adalah memastikan tanah tersebut tak ada masalah. Tanah itu, lanjutnya, sudah siap jika nanti diperlukan.

"Nggak ada masalah. pokoknya siap dari segi tanah. Core-nya 4 ribu sampai 6 ribu (hektare) sudah siap. Karena itu tanah kehutanan, sudah siap," katanya di kantornya, Jumat (11/10/2019).




Dia juga memastikan, tak ada masalah berarti dari pihak Sukanto Tanoto, selaku pemegang hak pengusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI). Pengusaha Sukanto Tanoto memang disebut-sebut memegang hak pengusahaan HTI untuk mayoritas lahan di calon Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan Timur.

"Ngga (ada masalah)," tegasnya.

Sebelumnya, Mantan Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia MS Hidayat mengatakan informasi ini diperolehnya dari dua menteri di kabinet Jokowi.

"Saya tadi baru diberi tahu resmi bahwa tanah itu sebagian besar HTI miliknya Sukanto Tanoto, HTI yang setiap saat bisa diambil kembali oleh pemerintah. Itu tadi statement-nya kedua menteri kepada saya," kata Hidayat. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading