Wih, RI Punya Cadangan Minyak 7,5 Miliar Barel Tak Tersentuh

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
10 October 2019 19:51
Wih, RI Punya Cadangan Minyak 7,5 Miliar Barel Tak Tersentuh
Jakarta, CNBC Indonesia-  Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan Indonesia masih memiliki potensi minyak yang sangat besar yakni 7,5 miliar barel.

Dwi menerangkan saat ini masih ada 128 cekungan migas, dari jumlah cekungan ini baru 54 yang dieksplorasi. Kemudian, dari 54 yang dieksplorasi baru 18 yang berproduksi. Dalam menggarap hal ini tentu banyak tantangan yang harus dihadapi.





Cadangan minyak Indonesia yang tercatat saat ini 3,8 miliar barel. Lalu, dari sisa cekungan yang belum dieksplorasi yakni sebanyak 74 cekungan menyimpan potensi minyak 7,5 miliar barel.

"Jadi masih ada di dalam sana sebuah potensi sangat besar," kata Dwi dalam acara sarasehan migas nasional, di Kantor SKK Migas, Kamis (10/10/2019).

Dwi mengatakan tren penemuan migas ke depan akan ada perubahan, dari semula di darat (onshore) menjadi di laut (offshore). "Ke depan akan berubah paradigma dari lapangan onshore yang berumur tua, ke daerah lepas pantai dan laut dalam meskipun yang onshore ternyata masih punya potensi," imbuh Dwi.

Wih, RI Punya Cadangan Minyak 7,5 Miliar Barel Tak TersentuhFoto: Infografis/Cadangan Migas Indonesia/Edward Ricardo


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading