Maaf, Ini Bukti Cadangan Migas RI Hanya Butiran Debu

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
18 February 2020 09:59
Kondisi migas Indonesia sebenarnya tak hebat-hebat amat, cadangan minyak saja cuma 0,2% dunia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia selalu disebut sebagai negara yang kaya karena sumber dayanya. Namun ternyata dari sisi cadangan minyak dan gas tidak signifikan. Hal tersebut diceritakan Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, sekaligus Komisaris Utama PGN Arcandra Tahar.

Dirinya menjelaskan cadangan minyak terbukti Indonesia hanya di bawah 3 miliar barel, angka ini hanya mewakili 0,2% cadangan terbukti dunia. Melihat kondisi objektif cadangan minyak Indonesia bisa disimpulkan bahwa Indonesia bukan salah satu negara kaya minyak dunia karena cadangannya hanya 0,2% cadangan dunia.

Bahkan jika dibanding dengan Malaysia pun, cadangan minyak Indonesia masih kalah jauh. "Malaysia terbukti punya cadangan lebih besar daripada Indonesia, dia 7 atau 8 urutan di atas kita," katanya di Badan Anggaran DPR, Senin (17/2/2020).

Lebih lanjut dirinya menerangkan, beberapa negara yang memiliki cadangan minyak besar yakni Australia, China, lalu ada negara-negara timur tengah seperti Arab yang ada di urutan kedua terbesar dunia. Lalu disusul oleh Iran, Irak, Uni Emirat Arab, dan lainnya.



[Gambas:Video CNBC]





Sementara, untuk posisi teratas masih diduduki oleh Venezuela. Arcandra menerangkan banyak tidaknya cadangan minyak bukan jaminan kemakmuran dari suatu negara.

"Buktinya Venezuela cadangan nomor satu tapi bukan termakmur, kemakmuran sebuah negara bukan tergantung sebesar besar kekayaan alamnya di negara tersebut," terangnya.

Tak beda jauh dengan minyak, meski lebih baik, cadangan gas Indonesia juga tidak signifikan. "Apakah cadangan gas kita lebih baik? Cadangan gas hanya 1,5% dari cadangan terbukti dunia," terangnya.

Cadangan terbukti gas kita saat ini sebesar 100 tcf (triliun kaki kubik), namun sebanyak 40 tcf-nya berada di Laut Natuna yang sampai saat ini belum ada perkembangan signifikan penggarapan proyeknya.

"Kalau belum bisa didevelop, cadangan terbukti yang bisa dikelola Indonesia cuma 60 tcf."

Seperti halnya minyak, cadangan gas juga tidak bisa menjadi jaminan kemakmuran suatu negara. "Negara kaya gas lebih makmur? Belum tentu juga, liat Iran, Qatar. Indonesia cuma mewakili 1,5% cadangan terbukti dunia. Kalau kita kurangi Natuna 40 tcf, rangking kita jauh di bawah," jelasnya.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading