SKK Siapkan 4 Jurus Dongkrak Produksi Hulu Migas RI

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
10 October 2019 15:02
SKK Siapkan 4 Jurus Dongkrak Produksi Hulu Migas RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berupaya mendorong produksi hulu migas dengan empat strategi.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjabarkan, langkah pertamanya adalah menekan laju penurunan produksi alamiah agar penurunannya di bawah 25 persen.




Kedua adalah upaya mencegah keterlambatan proyek, sebab jika proyek terlambat biaya yang dikembalikan pemerintah kepada kontraktor lebih banyak. Pihaknya akan mendorong dan berdiskusi dengan operator wilayah kerja. Termasuk mendorong percepatan plan of development (PoD).

"SKK akan dukung percepat PoD bahwa sertifikasi cadangan harus dilakukan,"kata Dwi, dalam acara sarasehan migas nasional ke 2, di Kantor SKK Migas, Kamis (10/10/2019).

Ketiga pemanfaatan EOR atau tekhnik pengurasan minyak menggunakan zat kimia. Sehingga 2030 diharapkan Indonesia bisa produksi 1 juta barel minyak mentah per hari di tahun 2030.

Terakhir adalah eksplorasi. Saat ini pemerintah mempunyai tambahan modal untuk eksplorasi sebesar US$ 2,4 juta atau setara dengan Rp 30 triliun.

"Itu kami punya harapan, karena sekarang ada komitmen US$ 2,4 juta dan saya kira ini sudah di atas Rp 30 T untuk mengaktifkan kegiatan ke depan," ungkapnya.

Dana ini bisa digunakan untuk mengeksplorasi sekitar 74 cekungan yang belum terjamah. Saat ini masih ada 128 cekungan di Indonesia, yang baru tereksplorasi baru 54 cekungan sedangkan sisanya 74 belum disentuh. Dari 54 cekungan 18 yang baru berproduksi.

"Saya kira kita bangun optimisme ini, mungkin ini bisa jadi hal sangat penting adalah era keemasan kedua migas Indonesia," kata Dwi.

Menurutnya dari 54 cekungan yang sudah dieksplorasi ada potensi minyak sebesar 3,8 miliar barel, sedangkan 74 cekungan yang belum tersentuh menyimpan potensi kandungan minyak sebesar 7,5 miliar barel. "Potensinya masih sangat besar," papar Mantan Direktur Utama Pertamina ini.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading