Kembangkan Mandalika, Ini Saran Mantan Menko Maritim Pertama

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
08 October 2019 20:59
Kembangkan Mandalika, Ini Saran Mantan Menko Maritim Pertama
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah saat ini masih terus berupaya dalam memanfaatkan sumber daya laut yang berkelanjutan atau Blue Economy di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kendati demikian, diharapkan konsep blue economy di Mandalika harus bisa berkelanjutan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Mantan Menko Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, yang kini menjadi penasehat kehormatan Kementerian Pariwisata.

Terlebih, saat ini infrastruktur dasar di Mandalika sudah terbangun. Oleh karena itu, ekonomi biru di Mandalika harus berkelanjutan, karena sudah diputuskan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).


"Seperti sudah ada jalan, air bersih, listrik juga sudah masuk. Sehingga investor pun tertarik," tutur Indroyono saat ditemui di Hotel Fairmont, Selasa (8/10/2019).


Pada 2013 saja, Indroyono menambahkan KEK Mandilka bisa membuka lapangan pekerjaan baru, untuk 78.000 pekerja dan bisa menghasilkan investasi mencapai Rp 1,4 triliun. Nilai ini sudah dipastikan akan meningkat seiring perkembangan waktu.

Indroyono juga menjelaskan bahwa, implementasi blue economy sudah ada sejak tahun 2014, saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden.

Kemudian, pada 2015, berdasarkan rapat terbatas kabinet, pembangunan blue economy ditetapkan di Lombok Selatan, Provinsi NTB dan ditetapkan lah Mandalika sebagai kawasan yang dipusatkan sebagai blue economy.

"Jadi mandalika dikenal lewat sebuah Perpres Mandalika yang diterbitkan oleh Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelum beliau turun tahun 2014, dan saat ini Pak Jokowi melanjutkan dan menjadikannya blue economy dan memang prioritas utamanya itu adalah pariwisata," ujarnya.

Indroyono juga menyarankan agar KEK Mandalika bisa dipakai sebagai etalase implemetasi blue economy untuk ditampilkan ke masyarakat dunia.



Selain itu, implementasi blue economy di Lombok dapat direplikasi di lokasi KEK lain, seperti Sabang, Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Lembeh (Sulawesi Utara), dan Morotai (Maluku Utara).


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading