Begini Situasi Covid-19 Lombok Jelang Superbike

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 November 2021 19:14
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melaporkan di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi tempat penyelenggaraan World Superbike, sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan dipastikan aman.

"Khusus di Lombok seluruh kabupaten dan kota berada di Level 1, dan target Superbike kapasitas (dosis vaksin 1) 70%. Sekarang hanya Lombok Timur yang kapasitasnya 68,99%, sisanya sudah di 70%," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada konferensi pers, Senin (15/11/2021).

Secara rinci, cakupan vaksinasi dosis 1 di Lombok Barat mencapai 71,44%, Lombok Tengah 72,11%, Lombok Utara 74,34%, Kota Mataram 98,74%, dan Lombok Timur baru mencapai 68,99%.


Selain itu, pemerintah mencatat berdasarkan level asesmen situasi kabupaten/kota dari 5 kabupaten/kota di Lombok berada pada PPKM Level 1. Di antaranya Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Oleh karenanya, diharapkan daerah-daerah tersebut siap menyambut 25.000 tamu atau penonton World Superbike.

Seperti diketahui, Kabupaten Lombok Tengah merupakan lokasi tempat penyelenggaraan World Superbike (WSBK), tepatnya sirkuit Mandalika. Penyelenggaraan akan digelar pada 19-21 November 2021.

Airlangga sebelumnya juga mengatakan pengunjung atau penonton WSBK di Mandalika, NTB harus sudah divaksinasi lengkap atau dua dosis.

Selanjutnya pada Maret 2022, Sirkuit Mandalika juga direncanakan akan dijadikan tempat perhelatan kejuaraan dunia balap motor, MotoGP.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga juga mengungkapkan mayoritas wilayah di Indonesia berada pada level 1 dan level 2.

Sedangkan yang berada di level 3 hanya kabupaten/kota, yaitu Tanah Tidung, Gayo Lues, Sorong, Subulussalam, dan Teluk Bintuni. Sedangkan level 2 mencapai 207 kabupaten/kota dan level 1 sebanyak 174 kabupaten/kota.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading