Sah, Pemerintah Tunjuk MIND ID Akuisisi 20% Saham Vale

News - Annisatul Umah, CNBC Indonesia
07 October 2019 16:10
Pemerintah resmi menunjuk MIND ID, dulu Inalum, untuk membeli divestasi Vale 20%.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah secara resmi menunjuk MIND ID atau induk BUMN Pertambangan untuk mengakuisisi 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Divestasi sebesar 20 persen merupakan salah satu kewajiban yang tertuang dalam Kontrak Karya (KK). Menurut Peraturan Pemerintah No. 7/2014, Vale harus mendivestasikan 40 persen sahamnya. Sebelumnya, divestasi saham Vale sebesar 20% sudah dilakukan. Kini sisanya 20% akan didivestasikan ke pemerintah Indonesia.




Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono mengatakan penunjukkan ini ditandai dengan surat yang dilayangkan ke Kementrian Keuangan oleh Kementerian ESDM. "Menkeu itu surat kan sudah nunjuk Inalum," ungkapnya di ESDM Senin (7/10/2019).

Sebagai catatan, sebelum menjadi MIND DI dulu perseroan dikenal sebagai Inalum.

Bambang tidak merinci terkait berapa valuasi dan seperti apa mekanismenya. Menurutnya ini menjadi urusan mereka karena sistemnya bussines to bussines. "Vale udah Inalum ditunjuk udah selesai," imbuhnya. Untuk saat ini nilai kapitalisasi pasar PT Vale Indonesia Tbk. kurang lebih di kisaran US$ 2 miliar dolar. Untuk berapa harga yang harus dibayarkan masih dikaji oleh pihak tim tiga kementerian.

Vale merupakan perusahaan tambang dan pengolahan nikel terintegrasi. Beroperasi di Blok Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Jika Vale didivestasi apa sih keuntungan dan kerugiannya?

Divestasi atau penjualan aset suatu perusahaan akan meningkatkan arus kas perusahaan. Terutama pada pos arus kas dari aktivitas investasi. Dana tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk ekspansi/investasi atau bisa juga untuk menyokong aktivitas operasional hingga membayar utang.



[Gambas:Video CNBC]


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading