Sah! 575 Anggota DPR Periode 2019-2024 Resmi Menjabat

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
01 October 2019 10:50
Ini setelah mereka mengucapkan sumpah janji di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2019-2024 secara resmi menjabat. Ini setelah mereka mengucapkan sumpah janji di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Acara yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Rapat dipimpin oleh dua pimpinan sementara, yaitu anggota tertua Abdul Wahab Dalimunthe dan anggota Hillary Brigitta Lasut.

"Kami meminta ketua MA (Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali) untuk memandu pengucapan sumpah janji dan perkenankan kami sebagai pimpinan sementara turut dilakukan penyumpahannya," ujar Abdul Wahab.


Setelah itu, Ketua MA mengambil alih acara pengucapan sumpah janji anggota DPR RI.

"Sebelum memangku jabatan, saudara perlu disumpah menurut agama masing-masing. Apakah saudara bersedia bersumpah atau berjanji sesuai dengan agama saudara?," tanya Hatta.

"Bersedia!," jawab seluruh anggota DPR RI.

Setelah diambil sumpah dan janji, sebanyak 575 anggota DPR RI menandatangani berita acara.



Detik.com melaporkan, beberapa di antara anggota dewan yang terpilih di periode ini, ada sejumlah nama yang sudah lama mengisi gedung DPR RI. Di antaranya Bambang Soesatyo dari Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari PKS. Sementara itu, sejumlah wajah-wajah baru yang mewarnai keanggotaan DPR periode ini adalah Hillary Lasut dari NasDem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte Dondokambey dari PDIP.

Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019. Ketua KPU Arief Budiman membacakan satu per satu nama anggota DPR terpilih.

Namun, kemudian sejumlah nama yang telah ditetapkan KPU tergantikan. Partai Gerindra menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain. Salah satunya adalah Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI.

Selanjutnya, Katherine menggantikan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Iuran Batal Naik, BPJS Kesehatan Gulung Tikar?


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading