Catat! Pemilihan 10 Pimpinan MPR Digelar Besok

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
02 October 2019 17:30
Hasil tersebut diputuskan dalam sidang paripurna MPR atas hasil musyawarah dan usulan dari fraksi-fraksi terkait pimpinan MPR.
Jakarta, CNBC Indonesia - Agenda pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia disepakati dilaksanakan pada Kamis (3/9/2019). Hasil tersebut diputuskan dalam sidang paripurna MPR atas hasil musyawarah dan usulan dari fraksi-fraksi terkait pimpinan MPR hari ini.

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan, rencananya pemilihan pimpinan MPR bakal digelar besok pada pukul 19.00 WIB.

"Sidang paripurna MPR telah menyepakati agenda pemilihan pimpinan MPR digelar besok. Proses musyawarah dan usulan dari fraksi-fraksi terkait pimpinan MPR akan dimulai pukul 19.00 WIB," ujar Ma'ruf kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).


Penetapan pimpinan MPR itu pun, lanjut dua, baru bisa ditetapkan setelah semua fraksi di MPR, yang terdiri atas sembilan fraksi DPR dan satu fraksi DPD. Mereka harus menyampaikan usulan pimpinan MPR dari masing-masing fraksi yang kemudian akan dimusyawarahkan. Apabila seluruh prosesnya selesai, maka pimpinan MPR akan dilantik malam itu juga.

"Ya prosesnya di situ jadi satu nanti. Mulai jam tujuh malam, nanti panjanglah kalau mau musyawarah-musyawarah. Ya kalau selesai, bisa dilantik, malam itu juga. Rencananya begitu," tuturnya.

Sebetulnya hari ini, telah dijadwalkan rapat gabungan pimpinan sementara MPR, bersama perwakilan para fraksi, guna membahas persiapan pemilihan pimpinan MPR. Kendati demikian, rapat itu ditunda menjadi besok, untuk memberikan kesempatan kelompok DPD untuk menentukan nama yang diwakilkan untuk duduk menjadi pimpinan MPR.

"Hari ini nggak ada [Rapat gabungan]. Tapi pagi-pagi jam 10.00 WIB ada rapat gabungan. Rapat gabungan pimpinan sementara dengan pimpinan fraksi dan kelompok DPD," tutur Ma'ruf.



Usai pemilihan pimpinan DPR dan DPD, Selasa (1/10/2019), MPR akan menggelar pemilihan pimpinan dalam waktu dekat. Nama-nama calon pimpinan MPR dari sembilan fraksi pun mulai bermunculan.

"Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS Insya Allah mudah-mudahan tidak ada halangan, Hidayat Nur Wahid. Insya Allah," ujar Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).


Dalam kesempatan itu, HNW mengaku siap bila ditunjuk partai sebagai pimpinan MPR.

"Apakah saya menjadi anggota biasa atau menjadi wakil ketua MPR atau malah menjadi ketua MPR. Apapun keputusan dari fraksi saya akan laksanakan," ujarnya.

Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria mengonfirmasi bahwa partai telah menunjuk sekretaris jenderal Gerindra Ahmad Muzani sebagai pimpinan MPR. Tidak hanya itu, Muzani digadang-gadang sebagai calon ketua MPR.

Sementara itu PDIP mengajukan nama Ahmad Basarah. Sebelumnya, Basarah merupakan wakil ketua MPR RI periode 2014-2019.

Kemudian Golkar mengajukan Bambang Soesatyo. Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, merupakan mantan ketua DPR periode 2014-2019.

Sementara PPP telah menunjuk Arsul Sani sebagai kandidat pimpinan MPR. Nasdem mengutus kader perempuan, yaitu Lestari Moerdijat. Sedangkan PKB awalnya dikabarkan menunjuk ketua umum PKB, yaitu Muhaimin Iskandar. Namun rencana itu batal seiring pelantikan Muhaimin selaku pimpinan DPR, kemarin.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Statement Lengkap Jokowi: Dari Perasaan sampai Menteri Baru


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading