Peluang Juara Liga Inggris: City 47%, Liverpool 46%

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 September 2019 15:24
City dan Liverpool terlalu jauh, di luar jangkauan para pesaingnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Liga Primer Inggris musim lalu berlangsung ketat. Dua kuda pacu, Manchester City dan Liverpool, bersaing hingga pertandingan terakhir. Hasilnya yang disebut pertama menjadi jawara dengan keunggulan tipis satu angka.

Walau berlangsung seru, tetapi keperkasaan City dan Liverpool mendominasi Tanah Britania. Jarak antara The Citizens-The Reds dengan peserta lainnya begitu jauh.

City menjadi juara dengan koleksi 98 poin, Liverpool mengumpulkan 97. Sementara Chelsea di peringkat ketiga 'hanya' berhasil mengakumulasikan 72 poin. Berbeda 26 dengan City dan 25 dengan Liverpool.


Musim ini, sepertinya situasi yang sama bakal terulang. City dan Liverpool terlalu jauh, di luar jangkauan para pesaingnya. Mengutip model yang dirilis FiveThirtyEight, probabilitas City dan Liverpool untuk menjuarai Liga Primer musim 2019/2020 jauh di atas klub lainnya.

Model analisis FiveThirtyEight juga masih mengunggulkan City menjadi juara dengan peluang sedikit di atas Liverpool. Sepertinya peristiwa musim lalu akan terulang, City unggul dramatis dengan poin tipis di atas Liverpool.

Peluang Juara Liga Inggris: City 47%, Liverpool 46%



"Liga Primer dikenal dengan ketimpangannya, karena dominasi sebagian kecil klub yang dikenal sebagai The Big Six. Musim lalu, strata ini menjadi lebih ekstrem karena hanya menyisakan Liverpool dan City sementara klub lain memperebutkan maksimal posisi ketiga.

"Model kami memperkirakan ketimpangan di Liga Primer pada musim ini akan kembali terjadi. Nyaris tidak mungkin klub lain (selain City dan Liverpool) bisa menjadi juara," jelas riset FiveThirtyEight.


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


City-Liverpool Beberapa Level di Atas Pesaingnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading