Tajir Melintir, Harga Skuat Manchester City Sentuh Rp 15,71 T

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
10 September 2019 15:26
Jakarta, CNBC Indonesia - Klub sepakbola asal Inggris Manchester City ibarat mobil mewah. Setiap komponennya adalah kelas premium, yang menghasilkan mobil dengan kecepatan tinggi dan tongkrongan aduhai.

Mengutip riset CIES Football Observatory, City menjadi klub sepakbola pertama dengan nilai skuat menembus EUR 1 miliar (Rp 15,5 triliun dengan kurs saat ini). CIES menaksir tim City pada musim 2019-2020 bernilai EUR 1,01 miliar atau sekira Rp 15,71 triliun.





Berdasarkan taksiran Transfermrkt, pemain termahal di tim asuhan Josep 'Pep' Guardiola adalah Raheem Streling. Kala diboyong dengan mahar relatif mahal dari Liverpool, banyak pihak yang mengerutkan dahi. Pantaskah Sterling dibanderol sama dengan Zinedine Zidane saat dibajak Real Madrid dari Juventus?

Ternyata kalau melihat performanya, terutama pada tiga musim terakhir, harga GBP 50 juta (Rp 863,9 miliar) sangat sepadan. Dalam 196 laga bersama The Citizens, Sterling membukukan 75 gol.

Oleh karena itu, Transfermarkt menilai biaya jasa Sterling saat ini adalah EUR 140 juta (Rp 2,17 triliun). Lebih dari dua kali lipat dana yang dikeluarkan City pada 2015 kala menariknya dari Anfield.


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


De Bruyne dan Bernado Silva di Belakang Sterling
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading