Undang Pengusaha AS, Luhut Mau Curi Pasar Ekspor

News - Cantika Adinda Putri , CNBC Indonesia
13 September 2019 21:34
Undang Pengusaha AS, Luhut Mau Curi Pasar Ekspor Foto: Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (CNBC Indonesia/Efrem Siregar)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengundang para pengusaha dari kamar dagang AS di kantornya Kemenko Kemaritiman, Jumat (13/9). Ia ingin memastikan Indonesia bisa mencuri pasar ekspor AS yang selama ini tertutup bagi China akibat perang dagang.

"Targetnya kita kalau menarik FDI (investasi) dari AS agak susah karena dia juga masih ngurusin dalam negeri tapi industri yang keluar dari AS hampir US$ 200 miliar. Kita mau cari target bisa nggak 10-20 persen kita pindahkan ke Indonesia," katanya di kantor Kemenko Kemaritiman Jumat (13/9)

Luhut bilang para pengusaha AS optimistis, akan terjadi peralihan permintaan ekspor dari AS untuk produk-produk Indonesia khususnya tekstil, garmen, alas kaki, furnitur dan lainnya.




Selain itu, para pengusaha AS mengaku senang dengan adanya kebijakan penerapan omnibus law atau penyederhanaan aturan UU yang menyangkut investasi. Menurut Luhut, pengusaha AS bilang Indonesia akan bisa bersaing dengan Thailand, Vietnam.

"Jadi kita punya target bukan FDI yang kita incar, tapi marketnya AS, karena sangat besar sekali karena tingkatnya tinggi," katanya.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani di tempat yang sama mengatakan pengusaha Indonesia dan AS, sepakat kerja sama antar kedua pihak. Khusus untuk mendukung penetrasi produk Indonesia di pasar AS, pengusaha AS sepakat akan mendorong pelaku ritel membeli produk Indonesia.



"Jadi intinya sekarang ini yang mau kita konsentrasikan adalah untuk menjual atau mengekspor barang kita untuk retailer di Amerika. Ini nanti akan diikuti oleh baik itu sifatnya roadshow kita ke mereka ketemu dengan senior level eksekutif di sana dari perusahaan-perusahaan retail tersebut," kata Hariyadi.

Selain itu, para perusahaan ritel AS, juga akan berkunjung ke Indonesia untuk melihat langsung dari fasilitas produksi produk-produk Indonesia yang dipasarkan ke AS, seperti tekstil, garmen, furnitur, alas kaki, dan lainnya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading