Deretan Pujian Jokowi Saat Melepas Kepergian BJ Habibie

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 September 2019 09:01
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis siang (12/9/2019).

Berbicara saat memberikan sambutan pemakaman BJ Habibie, Jokowi lantas mengenang sosok Habibie yang dianggap sebagai inspirator ilmuwan, negarawan sejati, dan bisa menjadi tauladan bagi anak bangsa.

"Beliau adalah seorang negarawan sejati, inspirator, ilmuwan yg meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Ilmu, iman, dan taqwa harus bersatu," kata Jokowi.


"Kita hadir ke sini untuk memberikan penghormatan terakhir kepada beliau, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa bakti beliau kepada bangsa semasa hidupnya," tegasnya.

Jokowi memandang, sikap negarawan BJ Habibie sudah ditunjukkan sejak muda. Menurut Jokowi, almarhum Habibie yang kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan itu sudah berpikir bagaimana memajukan bangsa Indonesia di masa depan.

"Dari visi beliau, lahir industri-industri strategis. Pesawat Gatot Kaca mengudara pada 50 tahun Kemerdekaan Indonesia. Sebuah sejarah yang tertanam, menginspirasi kita untuk percaya diri, menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia," jelasnya.

Habibie, sambung Jokowi, bahkan tanpa kenal lelah mengingatkan agar kualitas sumber daya manusia Indonesia bisa meningkat melalui penguatan dari sisi ilmu pengetahuan, kebudayaan, maupun keagamaan.

"Saya mengajak seluruh rakyat untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghormatan yang tinggi atas darma bakti almarhum. Saya mengajak untuk mendoakan almarhum. Semoga almarhum diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah dan khusnul khatimah," kata Jokowi.

"Kepada keluarga, semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal. Marilah kita lepas bapak BJ Habibie menghadap Allah dengan tenang. Semoga Allah berkenan menerima ibadah beliau."

Di akhir sambutannya, Jokowi melepas almarhum Habibie dengan menyebutnya sebagai Mr Crack. Mr Crack merupakan julukan Habibie, sang penemu teori keretakan pesawat yang melegenda.

"Selamat jalan, Mr Crack. Selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu. Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan ke proses nilai tambah secara konsisten. Pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia," tutup Jokowi.

Blok 120, pelengkap cinta Habibie-Ainun

[Gambas:Video CNBC]


 


(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading