Usulan Nih, Kendaraan di Ibu Kota Baru Semua Pakai Listrik

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
27 August 2019 15:05
Usulan Nih, Kendaraan di Ibu Kota Baru Semua Pakai Listrik
Jakarta, CNBC Indonesia - Ibu Kota baru Indonesia telah ditetapkan di Kalimantan Timur oleh Presiden Jokowi. Dunia usaha mengusulkan perlu kehadiran kendaraan listrik akan melengkapi konsep futuristik di kota tersebut.

"Akan lebih ideal lagi kalau semua itu berbasis elektrik benar-benar smart city," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Ia mengatakan masih ada kesempatan selama 4 tahun untuk melengkapi fasilitas dan infrastruktur kendaraan listrik. Jika ini dilakukan, maka akan menjadi terobosan baru dan menjadi satu-satunya ibu kota di dunia di mana semua kendaraan bertipe kendaraan listrik.



"Saya rasa akan jadi satu-satunya ibu kota yang harus berkendaraan Hybrid atau EV (Electric Vehicle). Kalau kita buat terobosan itu seluruh dunia akan memuji," ucapnya.

Sementara itu, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soeryopranoto juga memandang positif peluang kendaraan listrik dapat dikembangkan lebih jauh di Ibu Kota baru.



"Kalau kita melihat paparan sebelumnya, kita melihat futuristik dan modern. Ada arah positif ke sana," katanya.

Namun, sebelum jauh melangkah ke sana, pemerintah terlebih dahulu, perlu menyiapkan sarana dan infrastruktur untuk kendaraan listrik.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading