Ibu Kota Pindah, Ini Rencana Gubernur Kaltim

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 August 2019 14:14
Guburnur Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan kesiapannya untuk mendukung rencana pemerintah pusat untuk memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.
Jakarta, CNBC Indonesia - Guburnur Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan kesiapannya untuk mendukung rencana pemerintah pusat untuk memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

Isran Noor mengatakan untuk pembangunan Ibu kota baru ini pihaknya akan berkoordinasi dengan dua Walikota Samarinda dan Balikpapan serta Bupati Kertanegara dan Kutai.

Ibu Kota Pindah, Ini Rencana Gubernur KaltimFoto: Bambang Brodjonegoro di Konferensi Pemindahan Ibu Kota di Istana Negara (Istimewa Youtube Setneg)




"Kalau kami siap. Masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) siap. Tidak ada pilihan lain selain siap," ujar Isran Noor di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Isran Noor menambahkan pemindahan Ibu kota ini tidak hanya akan berpengaruh pada provinsi Kalimantan Timur, tetapi juga Sulawesi bagian Barat, Sulawesi Tengah.

"Ini adalah supply bahan baku bangunan seperti batu yang kualitasnya sangat bagus. Saya yakin dampak positifnya banyak karena wilayah ini ada di tengah-tengah negara," terangnya.


Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemindahan kota baru. Idealnya Ibu Kota baru ini akan berada di daerah Penajam Paser dan Kutai Kartanegara.

Pemindahan Ibu kota ini bertujuan untuk pemerataan ekonomi ke Indonesia Timur. Biaya pembangunan Ibu kota mencapai Rp 466 triliun. Ibu kota dan pusat pemerintahan dipindahkan mulai 2024.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading