Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim Mulai 2024!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 August 2019 13:57
Pemindahan Ibu kota akan dilakukan pada 2024. Ibu kota baru akan berada di Kalimantan Timur.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, menjelaskan soal tahapan rencana pemindahan ibu kota.

Bambang mengatakan, mulai besok akan dilakukan penentuan lokasi yang melibatkan kepala daerah setempat dan menyusun naskah akademik sebagai dasar dari penyusunan Rencana Undang-Undang (RUU).


"Tentunya 2020 fase persiapan sudah selesai mulai dari master plan, desain bangunan dan dasar perundang-undangan terutama RUU," ujar Bambang Brodjonegoro di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).


Bambang menambahkan pada akhir 2020 sudah mulai dilakukan konstruksi ibu kota baru dan pada akhir 2024 paling lambat pusat pemerintahan akan berpindah ke Kalimantan Timur.

"Pemindahan dilakukan secara bertahap sesuai dengan progress pembangunannya," jelasnya.

Bambang menekankan setelah pusat pemerintahan dipindahkan, Jakarta akan didorong sebagai pusat bisnis dan pusat keuangan berskala internasional.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur. Total biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 466 triliun.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading