Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jokowi: Ini Bukan Salah DKI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 August 2019 13:49
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memindahkan ibu kota RI dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memindahkan ibu kota RI dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, tepatnya ke sebagian wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara maupun Kabupaten Kutai Kartanegara. Demikian disampaikan Jokowi dalam keterangan pers di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).


Mengapa pemindahan ibu kota mendesak dilakukan? Menurut Jokowi, pemerintah tidak bisa terus menerus membiarkan beban Jakarta dan Pulau Jawa yang semakin berat. Sederet masalah ibu kota pun harus ditangani mulai dari kemacetan hingga polusi udara.


"Ini bukan salah Pemprov DKI, tapi besarnya beban yang diberikan perekonomian Indonesia kepada Jakarta. Kemudian kesenjangan ekonomi antara luar Jakarta dan Jawa meskipun sejak 2001 dilakukan otonomi daerah," kata Jokowi.


Pemerintah, menurut dia, sudah melakukan kajian mendalam. Studi intensif pun dilakukan selama tiga tahun terakhir.


"Hasil kajian menyimpulkan lokasi ibu kita baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara di provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading