Eksklusif: Ini Syarat Jokowi untuk Calon Menteri Periode II

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
22 August 2019 17:04
Dalam waktu dekat, Presiden Jokowi segera mengumumkan susunan kabinetnya untuk periode kedua masa jabatannya 2019-2024. Apa syaratnya? Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok. Setkab)
Bogor, CNBC Indonesia - Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan segera mengumumkan susunan kabinetnya untuk periode kedua masa jabatannya 2019-2024. Apa syaratnya?

"Menteri-menteri itu harus paham dunia digital," kata Jokowi singkat saat menemui detikcom dan CNBC Indonesia di Istana Bogor, Kamis (22/8/2019).

Kenapa harus paham digital Pak Jokowi?

Dia menjelaskan, saat ini dunia ekonomi sudah berbeda dan terdisrupsi oleh digitalisasi. Keterampilan atau skill yang banyak dibutuhkan saat ini juga yang berhubungan dengan digital.


"Keterampilan yang dibutuhkan sekarang berbeda, ada teknisi coding, programming, teknisi data, ataupun analisis data," kata Jokowi.

Bahkan pekerjaan-pekerjaan baru yang ada sekarang juga banyak yang baru dan berhubungan dengan digitalisasi. Jokowi mencontohkan profesi gamer, youtuber, atau bahkan vlogger. "Olahraga pun sekarang mungkin sudah masuk ke e-sport, jadi ini harus kita siapkan. Karena itu menteri harus paham dunia digital," papar Jokowi.

Pada kesempatan itu Jokowi mengatakan, dirinya akan memberikan banyak pos menteri kepada anak-anak muda, yang dinilainya paham akan dunia digital. "Anak-anak muda ini sudah native digital, ini yang kita perlukan. Yang senior tetap kita perlukan. Tapi yang bisa menjawab di era disrupsi ini, dan yang bisa merespons yang anak-anak muda ini," kata Jokowi.


Apakah Jokowi sudah menyimpan nama-nama calon menteri? Dia hanya tersenyum saja.

Namun dia menegaskan, mereka yang nanti menjadi menteri harus bisa mengerjakan segala sesuatu dengan cepat. "Karena kecepatan akan menjadi cara baru dan jalan baru kita ke depan," ujarnya.

Simak video soal kandidat menteri Jokowi di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

AHY Masuk Radar Menteri Jokowi, Cocok Jadi Menpora?


(wed/dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading