Kisah Startup Anak Jokowi Goola Disuntik Investor Rp 71 M

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
22 August 2019 16:19
Kisah Startup Anak Jokowi Goola Disuntik Investor Rp 71 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Goola, startup milik anak pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu Gibran Rakabuming, memperoleh suntikan modal dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar.

Hal itu menuai polemik di media sosial. Salah satunya disampaikan mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu.

"Es Doger adalah bisnis para pedagang kaki lima bermodal kecil.Saya menikmati thn 80 an di Bogor. Apakah harus diambil alih oleh orang besar?," tulis Said di akun Twitter resminya.


Terlepas dari polemik yang ada, CEO Goola yang juga partner Gibran, Kevin Susanto menceritakan kisah di balik suntikan modal tersebut.

"Jadi awalnya itu sebagai FnB (food and beverage) kita juga mimpilah untuk bisa dapat modal suntikan a la Kopi Kenangan. Jadi di satu sisi setelah tanggal 5 Juni bikin acara kebangkitan minuman asli Indonesia di PP (Pacific Place) dan PI (Plaza Indonesia)," ujar Kevin kepada detik.com seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (22/8/2019).

"Jadi waktu itu ternyata a lot of people attraction, langsung semua langsung aware. Oh minuman Indonesia ternyata keren juga. Terus jadi ada orang yang kenalin, 'eh ini Goola lagi up sizing, Alpha JWC kalian interested nggak?'," terangnya.

Alpha JWC Ventures sendiri sebelumnya juga sudah pernah menyuntikkan modal ke bisnis minuman karya anak bangsa, yaitu Kopi Kenangan. Besaran modal yang disuntikkan sekitar US$ 8 juta.



"Terus akhirnya di-setup-lah meeting. Jadi kira-kira setelah satu setengah minggu langsung deal, langsung set semuanya," kata Kevin.

"Selain Alpha, ada modal ventura lain yang juga nawarin, tapi saya gak enak sebutnya. Ada tiga hingga empat modal ventura yang nawarin tapi kita pilihnya Alpha," ujarnya.

Gibran dan Kevin memutuskan untuk memilih Alpha JWC lantaran melihat rekam jejaknya dalam menyuntikkan modal ke startup minuman. Alpha JWC sudah terbukti sebelumnya menyuntikkan modal ke Kopi Kenangan.

Goola merupakan bisnis kios minuman dengan produk-produk tradisional. Contohnya seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren. Goola kini memiliki 22 menu minuman yang terbagi dalam empat seri, yaitu Signature (produk unggulan), Tea (teh), Coffee (kopi), dan Refreshing (minuman segar).

Meski menjual minuman tradisional, Goola sebenarnya menargetkan pangsa pasar kelas menengah dengan hadir di beberapa mal ternama di Jakarta. Pendanaan yang didapat pun akan digunakan untuk menambah 160 outlet hingga 2020.

[Gambas:Video CNBC]



(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading