Astra & Telkom Patungan Suntik Modal Startup Antar Paket

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
09 August 2022 22:07
Paxel Foto: Dok Paxel

Jakarta, CNBC Indonesia - Paxel kantongi pendanaan Series C sebesar US$23 juta atau sekitar Rp342 miliar yang ditutup pada Juni 2022.

Pendanaan putaran keempat ini melibatkan PT Astra Digital Internasional (ADI), Central Capital Ventura (BCA), MDI Ventures (Telkom), SIG, Endeavour Catalyst, FJ Labs, serta PT Amsaka Investama Sejahtera.

Dengan pendanaan yang diterima pada series C ini, Paxel akan memperbesar jangkauan area operasional keluar pulau Jawa serta memperkuat last mile cold chain dan fulfilment cold chain untuk melayani B2C dan B2B.



Tidak hanya itu, untuk mencapai sustainability growth, Paxel juga tetap akan memperkuat SDM dan teknologi.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan Astra telah memiliki peta jalan digital untuk memetakan arah perkembangan digitalisasi yang relevan dengan bisnis, yang diiringi peningkatan kompetensi dan kemampuan digital Grup Astra.

Investasi pada bisnis digital ini sejalan dengan langkah Astra mempercepat transformasi digital serta memberikan produk dan layanan inovatif kepada masyarakat. Apalagi, Paxel yang mulai beroperasi pada tahun 2018 sebagai startup logistik berbasis teknologi juga memberikan dukungan terhadap UMKM.



"Kolaborasi ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan besarnya potensi perekonomian digital Indonesia," kata Djony dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Sementara Presiden Direktur Central Capital Ventura, Armand Widjaja, mengatakan bahwa mereka telah memperluas fokus kepada keuangan tertanam atau embedded finance seperti perusahaan logistik dan commerce yang bertujuan untuk memecahkan masalah utama di Indonesia. Sehingga tidak lagi hanya kepada perusahaan fintech.

"Kami percaya pertumbuhan pesat Paxel hingga saat ini akan terus memberikan dampak besar kepada UMKM sebagai pendorong ekonomi Indonesia," ujar Armand.

Kolaborasi antara Paxel dan perusahaan besar yang sudah memiliki ekosistem seperti Astra, Telkom dan BCA akan sangat membantu dalam pengembangan produk Paxel untuk bisa memberikan solusi yang lebih baik bagi konsumen terutama UMKM.

Dalam empat tahun terakhir, perusahaan mencatat telah mencapai growth revenue sebesar 240% per tahun dan user growth mencapai 176% setiap tahunnya. Tak hanya dari sisi growth, gross margin juga mengalami pertumbuhan sebesar 3.6x dan menjadi positif pada kuartal tiga tahun 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading