Kapan Pelabuhan Tanjung Priok Mulai Beroperasi 24 Jam/7 Hari?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
14 July 2019 10:30
Kapan Pelabuhan Tanjung Priok Mulai Beroperasi 24 Jam/7 Hari? Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Luthfi Rahman
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pelindo II (Persero) mengonfirmasi Pelabuhan Tanjung Priok akan mulai beroperasi 24 jam selama tujuh hari mulai empat bulan ke depan. Saat ini perusahaan sedang melakukan persiapan dengan berkoordinasi dengan beberapa pihak, seperti perbankan, bea cukai, pengguna jasa, dan pemerintah.

Direktur Operasi Pelindo II Prasetyadi mengatakan target tersebut dipatok langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Bahkan jika memungkinkan bisa lebih cepat. Hal itu dilakukan untuk mendukung peningkatan volume ekspor dan mempercepat proses masuk dan keluar barang melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

"Tadi target dari pak menhub kurang lebih empat bulan ke depan. Jadi kita upayakan setelah empat bulan semua bisa kita lakukan. Itu kita bilang paling lambat. Nudah-mudahan bisa lebih cepat," kata Prasetyadi saat diwawancarai CNBC Indonesia TV, pekan lalu.




Dia menjelaskan, dari rapat koordinasi yang dilakukan bersama dengan pihak-pihak terkait, maka diputuskan bahwa integrasi, optimalisasi, integrasi antarpemain yang ada di logistik harus dilakukan segera.

Selain itu, perbankan juga disepakati untuk memiliki kantor cabang di area pelabuhan. Hal itu untuk mendukung integrasi sistem perbankan dengan pengguna jasa secara digital.

"Jadi ada dua hal, pertama mereka akan buka kantor di dalam pelabuhan. Kedua, sistemnya akan kita integrasikan secara digital. Dengan harapan itu maka nanti 24 jam 7 hari bisa terlaksana," tegas dia.

Jika nanti pelabuhan sudah beroperasi sepanjang waktu, Prasetyadi mengharapkan akan terjadi percepatan penembusan delivery order dari cargo owner ke shipping. Dari sebelumnya 1-2 dua hari menjadi hanya 30 menit.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading