Cara Beli Tiket Pesawat Murah, Nih Tahapannya

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
11 July 2019 12:04
Tiket penerbangan LCC mulai didiskon sejak hari ini (11/7).
Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai hari ini (11/7) sejumlah maskapai berbiaya murah harus menurunkan tarif penerbangan untuk waktu dan rute tertentu. Penurunan yang dijanjikan sesuai ketentuan pemerintah adalah 50% dari tarif batas atas (TBA). Diskon hanya berlaku untuk penerbangan LCC domestik tipe pesawat jet, tidak berlaku bagi tipe pesawat propeler.

Sejumlah maskapai yang ikut ketentuan adalah Citilink dan Lion Air, sedangkan AirAsia sudah lebih dulu menerapkan diskon lebih besar dari ketentuan pemerintah.
Bagi calon penumpang yang akan mendapatkan fasilitas diskon tarif ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan.



Pertama, melakukan pembelian tiket secara online atau agen-agen perjalanan atau Online Travel Agent (OTA). Beberapa pemain OTA seperti Traveloka, Tiket.com bisa jadi pilihan. Selain itu, beberapa situs resmi maskapai penerbangan seperti AirAsia, Citilink, hingga Lion Air bisa dikunjungi. 

Kedua, jangan lupa tarif diskon berlaku hanya pada waktu tertentu saja, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Artinya bagi calon penumpang yang akan membeli tiket di luar hari itu tak akan dapat program diskon 50%.

Ketiga, saat calon penumpang yang akan memutuskan terbang pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, maka satu hal yang perlu diperhatikan adalah jam penerbangannya. Tarif diskon hanya berlaku untuk jam keberangkatan sejak pukul 10.00 sampai 14.00 pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sesmenko Perekonomian Susiwijono di Kantor Kemenko Perekonomian bilang bila ada penerbangan yang keberangkatannya pada pukul 13.40 maka masih masuk dalam skema diskon 50%.


Keempat, yang perlu jadi perhatian adalah alokasi tiket dengan penerbangan murah hanya 30% dari jumlah kursi dalam setiap penerbangan. Sehingga calon penumpang tak bisa mendapatkan kesempatan longgar untuk dapat diskon, artinya meski sudah menentukan waktu terbang pada Selasa, Kamis, dan Sabtu, belum semua penumpang akan mendapatkan diskon tarif 50%.

Kelima, bagi penumpang yang biasa terbang pada rute tertentu, tentu akan hapal berapa harga tiket penerbangan yang biasa mereka beli sebelum ada diskon. Bagaimana bila setelah ada diskon?

Ilustrasinya begini, misal tarif batas atas (TBA) Rp1 juta. TBA LCC itu 85% dari tiket full service, maka TBA sebesa Rp850 ribu. Setelah ada diskon 50% maka harus dijual dengan harga tiket Rp425.000 saja dari seharusnya Rp850.000.

Keenam, jangan lupa perhatikan rute penerbangan yang menyelenggarakan diskon 50%, karena tak semua penerbangan ada program diskon meski Anda terbang pada Selasa, Kamis, atau Sabtu. Maskapai Citilink menyiapkan 62 penerbangan untuk 3.348 kursi, dan Lion Group mencakup 146 penerbangan untuk 8.728 kursi saja.


Untuk mengecek rute penerbangan mana saja yang ada program diskon 50%, bisa klik di sini.

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Darmin Paksa Harga Tiket Turun daripada Undang Maskapai Asing


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading