Berlaku Besok, Diskon 50% Tarif LCC akan Dievaluasi Agustus

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
10 July 2019 21:33
Berlaku Besok, Diskon 50% Tarif LCC akan Dievaluasi Agustus
Jakarta, CNBC Indonesia - Kebijakan potongan harga sebesar 50% tarif penerbangan Low Cost Carrier (LCC) akan dievaluasi Agustus. Evaluasi dilakukan guna melihat efektivitas kebijakan terhadap 7 pihak yang terkait, yakni Pertamina, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, AirNav, Citylink, Air Asia Indonesia, dan Lion Air.

"Begitu kebijakan ini dinilai berbahaya maka kami akan adakan Rakortas bulan depan. Kita koreksi dengan usulan kebijakan baru apa lagi," kata Sesmenko Perekonomian Susiwijono di kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (10/7/2019).



Evaluasi tersebut merupakan evaluasi jangka panjang. Sebelum sampai sana, Kemenko Perekonomian juga akan melakukan evaluasi teknis setiap pekannya di Hari Jumat.

"Kita akan lihat signifikan tidak dampaknya? atau malah bikin berdarah-darah AP I atau AP II? itu perlunya evaluasi jangka pendek tadi," tambahnya.



Ada dua variabel yang akan dinilai dalam tiap rapat teknis, yaitu apakah penerbangan yang dilakukan maskapai memang tercantum dalam bracket, berapa total loss, berapa loss sharing, dan memastikan data penumpang apakah sudah memenuhi unsur 30% dari total kursi yang ada.

Di samping itu, Kemenko Perekonomian akan mengecek dari mana penumpang membeli tiket diskon 50% tersebut, apakah melalui online, travel agent atau via maskapai langsung.

"Jangan sampai melalui mekanisme tertentu itu [tiket] di-block dulu," ujar Susi.




"Kita cek komponen biaya yang membentuk loss sharing tasi, apakah betul actual fuel-nya sekian, biaya navigasi sekian itu dicek lagi," ucapnya.

Hal ini dilakukan karena data akan terus bergerak sehingga dilakukan rekonsiliasi kesesuaian data. Kemenko Perekonomian memastikan penerapan tarif diskon 50% untuk penerbangan berbiaya murah atau LCC akan berlaku efektif Kamis (11/7) atau pukul 00.00 malam ini. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading