UE Cari Pejabat Pengganti Lagarde Di IMF, Ini Syaratnya

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 July 2019 19:14
UE Cari Pejabat Pengganti Lagarde Di IMF, Ini Syaratnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Uni Eropa (UE) ingin memilih pengganti posisi Direkur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. Namun, orang tersebut lebih disukai berkebangsaan Eropa, kata seorang pejabat senior Uni Eropa, Senin (8/7/2019).

Lagarde telah mengundurkan diri dari posisinya pekan lalu setelah ia ditunjuk sebagai calon yang akan menggantikan Mario Draghi sebagai presiden Bank Sentral Eropa (ECB). Jika lolos, Lagarde akan mulai memimpin ECB pada November.

"Ada dorongan kuat di antara negara-negara Eropa untuk memilihkan satu kandidat," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya sebelum diadakan pertemuan antara para menteri keuangan zona euro pada Senin. Dalam pertemuan itu mereka kemungkinan akan membahas masalah tersebut secara informal.


Pejabat itu mengatakan presiden Eurogroup, Mario Centeno, bersama dengan Finlandia, yang saat ini memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa, termasuk di antara orang-orang yang sedang mengerjakan hal ini.


Seorang pejabat mengatakan beberapa negara UE menginginkan kandidat yang berasal dari negara anggota UE. Ketentuan ini dapat menyingkirkan kandidat Inggris, karena Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada akhir Oktober.

Gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney telah ramai disebutkan dalam laporan media sebagai salah satu kandidat Eropa yang mungkin untuk menggantikan Lagarde.

Meskipun lahir dan besar di Kanada, Carney, yang juga mantan gubernur Bank Kanada, memegang paspor Inggris dan Irlandia sebagai tambahan kewarganegaraan Kanada-nya.

Namun, mengutip Reuters, IMF sendiri bahkan belum membuka prosedur untuk menemukan direktur pelaksana baru.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading