O-Bahn, Mainan Baru Menhub Setelah Dapat PR dari Jokowi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 June 2019 12:38
Menhub Budi Karya mewacanakan O-Bahn salah satu solusi untuk kemacetan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menggelindingkan wacana transportasi O-Bahn sebagai solusi untuk perkotaan yang bebas macet.

Ia mengaku mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk mengatasi kemacetan di kota-kota besar di Indonesia, dan O-Bahn jadi pilihannya. Saat ini O-bhan sudah beroperasi di beberapa negara seperti Jerman, Australia dan Jepang.



"Kementerian Perhubungan menawarkan solusi kemacetan yang terjadi di dalam kota dengan konsep O-Bahn," kata Budi Karya Sumadi melalui sebuah video resmi, yang dikutip CNBC Indonesia, Senin (24/6/2019).

Ia menjelaskan bahwa O-Bahn merupakan moda transportasi massal di perkotaan yang berbasis smart train. Jenis angkutan ini mengadopsi perpaduan antara spesifikasi Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rail Transit (LRT).

"Di sini kelihatan bahwa bus ini juga menggunakan rel di tempat-tempat tertentu. Tetapi juga bisa menggunakan jalan pada umumnya yang digunakan oleh bus," tandasnya.

Dengan kemampuan itu, Budi Karya menilai bahwa konsep O-Bahn akan merevolusi sistem transportasi umum di Indonesia.



"Membuat perjalanan kita dari satu tempat ke tempat yang lain lebih mudah dan lebih banyak dengan menekankan konsep smart city," bebernya.

Penawaran Kemenhub ini tidak lepas dari perintah langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sejumlah kota besar jadi prioritas untuk 'ditanami' moda transportasi ini.

"Saya diminta oleh bapak presiden untuk mengatasi kemacetan di kota kota besar di Indonesia. Dengan apa, dengan angkutan massal. Kota kota itu adalah Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Palembang, Yogyakarta dan beberapa kota yang lain," urainya.




Kendati demikian, dia belum menjelaskan secara terperinci tahapan demi tahapan proyek O-Bahn ini. Yang jelas, Kemenhub masih melakukan kajian awal.

"Kemenhub sedang melakukan kajian tentang transportasi ini untuk diterapkan di Indonesia. Semoga melalui diskusi, dapat menciptakan ide-ide transportasi. Solusi baru bagi indonesia maju," pungkasnya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading