Jokowi Kecewa Soal Bengkaknya CAD, Sebenarnya Salah Siapa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 June 2019 11:01
Jokowi Kecewa Soal Bengkaknya CAD, Sebenarnya Salah Siapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan keheranannya dan tak habis pikir soal masalah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang bertahun-tahun tak kunjung bisa diselesaikan para 'pembantunya'.

Dalam berbagai kesempatan, kepala negara tak segan mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja para menteri Kabinet Kerja, karena tak mampu mengatasi masalah CAD yang sudah mengakar.

Kali ini, dalam pertemuan dengan kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Jokowi kembali melontarkan masalah defisit transaksi berjalan yang bertahun-tahun tak kunjung diselesaikan.


Padahal, kata Jokowi, apabila ada kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, antara pemerintah dan dunia usaha, masalah defisit transaksi berjalan bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk diselesaikan.




"Saya kira ini sebetulnya sesuatu yang kalau kita bisa bekerja sama dengan baik, pemerintah, dunia usaha ini juga bukan barang yang sulit," tegas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/6/2019)

Transaksi berjalan adalah neraca yang menggambarkan devisa yang masuk dan keluar dari ekspor-impor barang dan jasa. Transaksi berjalan sendiri, merupakan salah satu fondasi penting bagi stabilitas nilai tukar.

Apabila, defisit transaksi berjalan tak dapat diimbangi dengan pasokan devisa dari portofolio keuangan seperti hot money, maka neraca pembayaran Indonesia (NPI) pun bukan tidak mungkin bakal terjun bebas

Hal ini menandakan keseimbangan eksternal jomplang karena devisa yang keluar lebih banyak dibandingkan yang masuk.

Jokowi pun memahami betul, terjadinya defisit transaksi berjalan disebabkan karena kinerja ekspor yang loyo, serta aliran arus investasi yang seret. Perbaikan regulasi dan peraturan perundang-undangan pun akan kembali digencarkan untuk mengatasi masalah ini.

"Memang ada regulasi, ada beberapa UU [undang-undang] yang akan kita revisi. Saya persilakan Apindo kalau ada yang ingin disampaikan. Tapi saya ingin garis bawahi, tolong gak usah banyak-banyak," katanya.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading