Ekspor Jeblok, Jokowi Jengkel di Depan Pengusaha

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 June 2019 10:56
Ekspor Jeblok, Jokowi Jengkel di Depan Pengusaha
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kekesalannya di depan para pengusaha. Beberapa persoalan kronis di bidang ekonomi jadi pemicunya.

Jokowi menggelar pertemuan dengan kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/2/2019) Pagi.

Di depan pengusaha, Jokowi mengungkapkan bagaimana kinerja ekspor maupun arus investasi yang masuk ke Indonesia kalah dibandingkan negara-negara tetangga. Hal tersebut, menjadi salah satu perhatian Jokowi.




"Jangan sampai kita ini investasi dan ekspor kalah dengan Singapura. Udah lama kita kalah dengan Malaysia, Thailand, Filipina, terakhir kita kalah lagi dengan Vietnam. Jangan sampai," tegas Jokowi.

"Saya sering sampaikan di mana-mana. Kalah nanti dengan Kamboja, Laos. Kita ini negara besar yang memiliki kekuatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang saya kira menjadi sebuah modal," kata Jokowi.

Loyonya kinerja ekspor dan lesunya investasi yang masuk ke Indonesia, membuat neraca transaksi berjalan Indonesia mengalami defisit yang cukup dalam. Jokowi menyinggung masalah itu tak kunjung selesai.



Pada April 2019, kinerja ekspor Indonesia hanya tercatat US$ 12,6 miliar, turun 13% secara tahunan (yoy). Sedangkan neraca perdagangan juga defisit US$ 2,5 miliar.

Defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) Indonesia pada kuartal I-2019, tercatat sebesar US$ 6,96 miliar atau setara dengan 2,6% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angka defisit itu jauh lebih dalam dibandingkan kuartal I-2018 yang sebesar US$ 5,19 miliar atau 2,01% PDB.

"Kita juga sudah bertahun-tahun enggak bisa menyelesaikan yang namanya defisit neraca perdagangan, defisit transaksi berjalan, yang saya kira sebetulnya sesuatu yang kalau kits bisa bekerja sama dengan baik," jelasnya.

Jokowi meminta masukan konkret dari pengusaha untuk mengatasi apa yang sebenarnya menjadi masalah perekonomian. Jokowi tak ingin, persoalan ini menjadi penyakit yang akut.

Ekspor Jeblok, Jokowi Jengkel di Depan Pengusaha Foto: Presiden Joko Widodo Menerima Pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)


"Saya udah enggak ad beban-beban apa-apa. Tolong gunakan kesempatan ini sehingga terobosan-terobosan yang ingin kita lakukan betul-betul sebuah terobosan," tegasnya.

"Betul-betul sebuah terobosan yang memberikan efek tendangan yang kuat bagi ekonomi kita. Baik dari sisi regulasi, mungkin revisi UU. Mungkin kalau diperlukan mengeluarkan Perpu," kata Jokowi.
(hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading