Ada Maskapai Asing, Bos Kadin: Bagus, Ada Kompetisi

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
07 June 2019 08:09
Ada Maskapai Asing, Bos Kadin: Bagus, Ada Kompetisi
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana mengundang maskapai asing untuk masuk dan melayani rute domestik di Indonesia setelah permasalahan harga tiket pesawat domestik yang dinilai masih tinggi dan tak kunjung turun belum juga menemukan titik terang.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P Roeslani mengatakan dirinya setuju apabila hal tersebut dilakukan. Jika hal tersebut mampu mendorong peningkatan sektor pariwisata domestik yang sekarang tengah merosot, sudah sepatutnya langkah itu diambil, tuturnya.



"Pemerintah kita kan juga sedang dorong pariwisata, kita kan tahu ke depannya nih nomor satu pendapatan terbesar Indonesia dari pariwisata. Ini positif kok jadinya," ujar Rosan ketika dijumpai di kediamannya, di Jakarta, Kamis (6/6/2019).


Lebih lanjut, ia menuturkan, ide tersebut bagus untuk mendorong kompetisi. Sebab, bagi dunia usaha, kompetisi adalah suatu hal yang sehat, bukan sesuatu yang harus ditakuti.

Ada Maskapai Asing, Bos Kadin: Bagus, Ada KompetisiFoto: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P Roeslani (CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty)

"Dan kami juga lihat dengan adanya kompetisi semua akan lebih baik dan efisien. Kalau dengan adanya maskapai asing masuk Indonesia membuat kompetisi, dan membuat semuanya jadi lebih baik, ya kenapa tidak?" imbuh Rosan.

Ia juga menilai, dengan adanya kompetisi tersebut, tidak lantas membuat maskapai domestik tersingkir karena kalah bersaing. Justru, ini kesempatan baik bagi maskapai dalam negeri untuk berbenah diri dan menunjukkan kelebihannya.


"Enggak (tersingkir) lah, percaya sama saya. Saya tuh selalu menyatakan, kompetisi itu sehat. Kalau kita pengusaha takut kompetisi ya tidak usah jadi pengusaha. Kompetisi itu bikin makin efisien, makin kompetitif dan buat kita jadi lebih baik," tutur Rosan.

"Namun, maskapai dalam negeri juga harus berbenah diri. Supaya maskapai kita bisa bersaing, ya harus diperbaiki, lebih baik, upgrade jadi lebih efisien lagi. Harus siap kalau ada yang masuk dan berkompetisi, tapi yang paling penting semuanya level playing field sama," pungkasnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading