Hingga 15.00 WIB, Ada 324 Sengketa Pileg yang Didaftarkan

News - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
24 May 2019 18:45
Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima 324 gugatan sengketa Pemilihan Legislatif hingga Jumat (24/5/2019) pukul 15.00 WIB.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima 324 gugatan sengketa Pemilihan Legislatif hingga Jumat (24/5/2019) pukul 15.00 WIB.

"Sampai dengan hari ini sudah 324 untuk Pileg, sementara pada 2014 ada 903 gugatan. Jadi, artinya secara angka lebih turun," ujar Ketua MK Anwar Usman berbicara soal kesiapan hari ini.

Meski demikian, ada peluang besar jumlah gugatan akan bertambah karena tenggat waktu pendaftaran sampai pukul 24.00 WIB nanti.


Saat ini, MK sudah siap dengan berbagai pemohon yang datang, termasuk pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung Koalisi Indonesia Adil dan Makmur, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.


"Pihak termohon atau pihak terkait akan kita terima akan kita periksa kita teliti semua. Tahapanya, pokoknya ketika mendaftar, tinggal tunggu panggilan sidang," ucap Anwar.

Pada 14 Juni 2019 nanti akan ada pemeriksaan pendahuluan berkas dalam sidang perdana oleh Hakim Panel MK, yaitu Anwar Usman selaku Ketua MK, Aswanto selaku Wakil Ketua MK, dan I Dewa Gede Palguna. Menurut Anwar, pemilihan hakim tersebut sesuai dengan rapat pleno.

Hingga 15.00 WIB, Ada 324 Sengketa Pileg yang DidaftarkanFoto: Fikri Muhammad

Mengomentari masyarakat yang terbelah dan meragukan independensi hakim, Anwar memberikan tanggapan.

"Kemarin kan saya buat statement (pernyataan). Kita hanya memeriksa yang ada di ruang sidang. Kita kan independensinya sudah terjamin. Pokoknya kami akan memeriksa, mengadili sesuai dengan fakta di persidangan," ucapnya.

Saksikan video pernyataan Prabowo berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Prabowo Daftar Gugatan Nanti Malam, Ketua MK Jamin Independen


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading