Jokowi Akui tak Selalu Sepakat dengan Putusan MK, Yang Mana?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 February 2022 11:57
Jokowi di Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Mahkamah Konstitusi Tahun 2021, 10 Februari 2022 (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa pemerintah tak selalu 'sepakat' dengan hasil putusan yang dilakukan Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memberikan pidato dalam Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Mahkamah Konstitusi (MK) Tahun 2021 di gedung MK, Kamis (10/2/2022).

"Memang, pemerintah tidak selamanya sependapat dengan pandangan MK dalam putusan-putusannya," kata Jokowi.


Jokowi memang tidak secara spesifik menyebut putusan mana yang dimaksud. Namun, kepala negara menegaskan terus mendukung dan menghormati putusan MK.

"Pemerintah selalu menerima, selalu menghormati dan melaksanakan putusan-putusan MK karena demikian yang diatur UUD 1945, yakni keputusan MK bersifat final dan mengikat," tegasnya.

"Sebagai negara hukum, kita harus bersama-sama menegakkan hukum, menegakkan keadilan untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa. [...] Pemerintah yakin kehidupan bernegara kita akan tertata dengan baik jika diselenggarakan berdasar konstitusi," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kala Jokowi Bertemu dengan Jejeran 'Bocah Kalkulator'


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading