Tembus Bukit, Terowongan Walini Kereta Cepat JKT-BDG Rampung

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 May 2019 10:34
Tembus Bukit, Terowongan Walini Kereta Cepat JKT-BDG Rampung
Bandung, CNBC Indonesia- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Ribu Soemarno, meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Rini mengunjungi lokasi pekerjaan Tunnel Walini, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019).

Dalam kesempatan itu Rini sekaligus menyaksikan Tunnel Walini yang berhasil ditembus. Detik-detik penembusan Tunnel Walini dikemas dalam acara bertajuk "Tunnel Walini Breakthrough" ini menandai babak baru proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.




"Hari ini merupakan hari bersejarah. Kita semua menyaksikan Tunnel pertama yang berhasil ditembus," kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra.

Dalam kesempatan itu, selain Rini Soemarno, hadir pula Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia Xiao Qian, Direktur Jendral Pengadaaan Tanah Arie Yuriwin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Tak lupa juga hadir manajemen dari perusahaan yang menjadi shareholder diantaranya PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia, PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. (WIKA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII (Persero).

Lebih lanjut Chandra menjelaskan, pengerjaan tunnel selama ini menjadi menjadi salah satu prioritasnya, dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan dan durasi kerja yang lama. Dengan demikian, Chandra meyakini bahwa titik-titik pembangunan lainnya yang kini sedang dikerjakan akan segera rampung. 

Karenanya, dia menyampaikan apresiasi sekali lagi kepada Pemerintah Indonesia yang selama ini terus memberikan dukungan dan berperan aktif dalam menyelesaikan sejumlah hambatan yang dihadapi saat mengerjakan proyek ini.

"Milestone ini akan semakin menumbuhkan keyakinan dalam diri masyarakat Indonesia bahwa memiliki kereta cepat di Indonesia bukan lagi menjadi impian yang tidak bisa diwujudkan," ungkap Chandra dalam

Bersamaan dengan acara penembusan Tunnel Walini, KCIC dan jajaran instansi BUMN juga menyelenggarakan Padat Karya Tunai dan Bazar Pangan Murah yang dihadiri oleh warga sekitar trase proyek KCJB, seperti di Mandalasari. Rangkaian acara ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan sekaligus sebagai ajang bagi perusahaan untuk semakin dekat dengan masyarakat di sekitar Tunnel Walini.


Simak video konsorsium kereta cepat Jakarta-Bandung di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading