Motor Gesits Sudah Produksi Masal, Pak Jokowi Jadi Borong?

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
28 April 2019 14:20
Motor Gesits Sudah Produksi Masal, Pak Jokowi Jadi Borong?
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir tahun lalu sempat berjanji akan membeli 100 unit motor Gesits. Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan uji jalan 7 November 2018 tahun lalu di Istana Merdeka, Jakarta. Tapi, apakah Jokowi jadi membeli motor listrik Gesits ini?

Gesits yang merupakan motor listrik rakitan PT Gesits Technologies Indo (GTI) bersama beberapa BUMN dan perguruan tinggi di Indonesia sudah resmi diluncurkan. Mengutip Detik.com, motor Gesits sudah selesai diproduksi dan siap dikirim pada Juli 2019 mendatang. 

Motor Gesits Sudah Produksi Masal, Pak Jokowi Jadi Borong?Foto: Motor Listrik Gesits (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)





"Kita siap supply. Kemarin kan tidak ada unitnya, nah sekarang sudah ada," kata CEO PT GTI Harun Sjech di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), JIExpo Kemayoran, Jakarta, seperti dikutip dari Detik.com.

Harun menambahkan sudah ada 30.000 pemesanan motor hingga saat ini. "Ya sekarang sudah masuk 30.000 pemesanan. Pengiriman akan kita lakukan Juli nanti," lanjut Harun.

Sebelumnya motor ini pernah diuji jalan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada 7 November 2018 lalu. Saat itu, produksi motor listrik Gesits belum selesai diproduksi.

Jokowi mengatakan akan menjadi pembeli pertama motor listrik ramah lingkungan ini. Jokowi akan membeli 100 unit motor Gesits. 

"Ini kalau sudah diproduksi saya pembeli pertama. Saya akan beli seratus (100 unit)," kata Jokowi saat itu.

"Tadi saya coba, karena nggak ada suara knalpotnya, saya senang yang grengg grengg grengg. Tadi tidak ada. Jadi agak bingung menyesuaikan, nggak ada knalpotnya, nggak ada suara grengg grengg. Halus sekali dan ramah lingkungan," lanjut dia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir juga sempat menjajal motor Gesits saat gelaran Indonesia Startup Summit beberapa waktu lalu. "Keren nih motornya. Ini baru motor beneran," kata Nasir, Rabu (10/4/2019).

Sepeda motor Gesits sendiri diinisiasi oleh Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Di mana kemudian juga ikut bergabung sejumlah perusahaan termasuk BUMN PT Wijaya Karya Tbk, PT Pertamina, PT Telkomsel.

Dari pihak swasta ada PT Gesits Technologies Indo (GTI), yang kemudian bersama dengan PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi membentuk anak usaha yakni PT Wijaya Manufakturing (WIMA). WIMA ini lah yang akan memproduksi Gesits secara massal. 

Gesits kendaraan rakitan anak bangsa hadir dalam pameran otomotif bergengsi yakni International Motor Show (IIMS) 2019 yang diselenggarakan dari Kamis (25/4/2019) sampai Minggu (5/5/2019). Satu unit motor Gesits dibanderol seharga Rp 23 juta. 

Simak momen Jokowi mencoba motor Gesits di Istana ini
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading