Masalah Utama RI Ini Harus Dibahas di Debat Capres Kelima

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
09 April 2019 16:32
Masalah Utama RI Ini Harus Dibahas di Debat Capres Kelima
Jakarta, CNBC Indonesia - Rangkaian debat calon presiden dan wakil presiden 2019-2024 akan memasuki tahap kelima pada Sabtu (13/4/2019). Debat capres kelima yang akan digelar di The Sultan Hotel itu mengangkat tema "Ekonom, Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, Perdagangan serta Industri".

Merespons debat pamungkas itu, Center of Reform on Economics (CORE) menyampaikan pesan kepada kontestan, dalam hal ini pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Pengamatan saya terkait dengan debat capres atau proses kampanye dan pilpres, kalau kita lihat isu ekonomi selalu dibahas secara parsial, bahkan bisa dikatakan yang diangkat isu kecil seperti harga cabailah dan bukan inti yang harusnya diangkat di debat pilpres," ujar Direktur Riset CORE Piter Abdullah di Hongkong Cafe, Jakarta, Selasa (9/4/2019).




Menurut dia, kedua paslon hanya sibuk dengan keyakinan masing-masing. Satu paslon sibuk dengan kritikan, sedangkan paslon lain hanya sibuk pamer capaian yang dilakukan.Ia menilai yang harusnya diangkat adalah isu yang menjadi permasalahan Indonesia dan solusinya.

"Yang kita butuh pandangan kedua capres mengenai permasalahn kita apa, kayak masalah di industri, kesejahteraan. Artinya kita punya masalah, dan ini tidak tergali dalam pilpres sekarang ini, tidak saya temukan dalam 4 kali debat," jelasnya.



Dalam debat terakhir ini, Piter berharap paslon bisa mengangkat isu yang lebih spesifik mengenai permasalahan RI dan bagaimana solusinya. Isu tersebut mulai dari sektor keuangan Indonesia hingga defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang sudah ada sejak lama.

Dengan mengangkat isu tersebut serta memberikan solusinya maka masyarakat bisa lebih tahu mana pemimpin yang bisa membangun negeri.

"Yang saya ingin dengar dalam debat adalah masalah utama, diantaranya adalah sektor keuangan. Ada dua yang hambat perekonomian. Pertama, suku bunga tinggi yang buat kita high cost economi. Kemudian struktur ekonomi lemah yang kita alami yakni CAD secara bertahun-tahun yang tidak pernah diselesaikan secara tuntas oleh rezim-rezim sebelumnya yang harus dibahas dalam debat nanti," tegasnya.

Simak video terkait debat capres di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading