Antiklimaks Drama Tiket Pesawat

Video

Antiklimaks Drama Tiket Pesawat

News - CNBC Indonesia TV, CNBC Indonesia
05 April 2019 10:18
Jakarta, CNBC Indonesia - Drama tarif penerbangan bergulir usai Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia berkeluh kesah karena mahalnya tiket pesawat membuat pariwisata mengalami perlambatan. Drama pun dimulai dengan upaya pemerintah memangkas harga avtur yang dituding jadi biang kerok mahalnya harga tiket pesawat. Namun, upaya membuka persaingan di pasar avtur untuk menekan harga di bandara terkendala keengganan Kementerian BUMN membuka monopoli perusahaan pelat merah.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga membantah telah menerbitkan izin untuk pemain baru distributor avtur di bandara selain Pertamina. Drama berlanjut setelah Kementerian Perhubungan berencana mengumumkan kebijakan baru yang dijamin bakal menurunkan harga tarif. Namun, pengumuman akhirnya ditunda tanpa alasan yang jelas.

Akhirnya, drama pun ditutup dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang merilis Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) tentang aturan tarif maskapai penerbangan berjadwal dalam negeri kelas ekonomi yang berlaku 1 April 2019.
Dalam aturan itu, pemerintah mengubah aturan tarif batas bawah menjadi 35% dari tarif batas atas dari sebelumnya 30%.

Tapi apa daya, aturan ini nyatanya belum mampu menekan harga tiket pesawat. Simak informasinya dalam Antiklimaks Drama Tiket Pesawat di program Closing Bell, CNBC Indonesia (Kamis, 04/04/2019) di video berikut ini.
Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini
Video Terpopuler
    spinner loading