Siap-siap, Visa & Mastercard Bakal Naikkan Fee Transaksi

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
16 February 2019 20:26
Siap-siap, Visa & Mastercard Bakal Naikkan Fee Transaksi
Jakarta, CNBC Indonesia - Dua prinsipal kartu terbesar asal Amerika Serikat, Visa Inc dan Mastercard Inc tengah bersiap untuk menaikkan biaya transaksi bagi merchant di Amerika Serikat mulai April tahun ini.

Ada beberapa usulan perubahan yang sedang dikaji, di antaranya biaya pertukaran atau interchange fees. Yakni, apa yang merchant bayarkan ke bank ketika konsumen menggunakan kartu kredit atau debit untuk melakukan pembelian dari merchant.


Laporan Wall Street Journal yang dikutip Reuters, pada Sabtu (16/2/2019) menyebutkan, biaya yang dibebankan Mastercard dan Visa kepada lembaga keuangan, seperti bank untuk memproses pembayaran kartu atas nama merchant juga bakal naik.


Pihak Visa telah mengkonfirmasi hal tersebut, bahwa kenaikan biaya transaksi akan berlaku pada April 2019, tetapi hanya untuk insitusi bank pengelolanya atau bank merchant, bukan bagi merchant.

Bank merchant adalah lembaga keuangan yang memiliki rekening untuk penjual seperti Amazon dan Costco. JP Morgan, Citigroup dan Bank of America adalah beberapa bank terkemuka AS.

Namun, terserah bank merchant jika mereka ingin meneruskan kenaikan biaya kepada penjual, atau menyerapnya sendiri. Demikian pula, itu adalah kebijaksanaan penjual untuk meneruskan kenaikan kepada konsumen atau tidak.

Saat ini, memang ada biaya yang dikenakan sebesar 2,5 persen dari harga barang dan jasa saat bertransaksi menggunakan Visa maupun Mastercard.

Diyakini, dulu, kartu kredit dan debit biasanya menghasilkan lebih banyak penjualan untuk merchant terutama di Amerika Serikat. Perusahaan kartu kredit juga mengatakan, bahwa biaya untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan anti-penipuan pencurian, untuk membuat pemrosesan pembayaran lebih aman, perlu ditanggung.

Baru-baru ini, kedua perusahaan bersama dengan beberapa bank AS, harus membayar lebih dari US$ 6 miliar untuk menyelesaikan gugatan yang diajukan oleh merchant yang menuduh perusahaan kartu kredit melanggar undang-undang antimonopoli federal dengan memaksa merchant membayar biaya transaksi dan melarang mereka mengarahkan konsumen ke metode pembayaran lain.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading