Wow, Bos Citigroup Kantongi Tantiem dan Bonus Rp 336 M

Entrepreneur - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
16 February 2019 20:09
Wow, Bos Citigroup Kantongi Tantiem dan Bonus Rp 336 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Chief Executive Officer Citigroup, Michael Corbat bakal memproleh kompenasasi tahunan sebesar US$24 juta atau sekira Rp 336 miliar sepanjang 2018 lalu dengan asumsi kurs Rp 14.000/US$.

Kompensasi yang fantastis itu didapat bos Citigroup lantaran kinerja perusahaan yang bermarkas di New York itu tumbuh positif tahun 2018, meski lebih rendah dari tahun sebelumnya.

"Anggota direksi telah mempertimbangkan bank yang menghasilkan kinerja operasi, dan tingkat pembayaran pasar ketika memutuskan kompensasinya," tulis laporan Reuters pada Sabtu (16/2/2019).


Angka US$24 juta itu rinciannya sudah termasuk gaji yang dibayarkan sebesar US$1,5 juta, bonus sebesar US$6,75 juta, ekuitas senilai US$7,88 juta, dan komponen lainnya setara US$7,88 juta.

Setahun sebelumnya, Corbat menikmati kenaikan 48 persen untuk total kompensasi tahunan sebesar US$23 juta sejalan dengan laba perusahaan yang naik 4%. 

Tahun lalu, Citigorup memang telah melampaui untuk pengembalian investasinya, tapi masih kurang dari target efisiensinya karena tekanan pendapatan pada akhir tahun.

Sebagaimana dilaporkan, rasio efisiensi Citigroup di 2018 tercatat sebesar 57,4 persen, lebih rendah dari target 57,3 persen yang ditetapkan Corbat.

"Rasio efisiensi yang lebih rendah berarti bank lebih baik dalam mengelola biaya relatif terhadap pendapatan, sementara ROTCE adalah ukuran yang dipantau secara luas tentang seberapa baik bank menggunakan uang pemegang saham untuk menghasilkan laba," tulis Reuters.
 
Citi memang mendapat tekanan dari para investor untuk membuktikan dari sisi bisnisnya dapat terus tumbuh daripada hanya mengembalikan modal melalui pembelian kembali saham (buyback). 

Selama tahun 2018, saham Citigroup anjlok lebih dari 30 persen meskipun menghasilkan lebih dari 100 persen keuntungannya melalui dividen dan pembelian kembali. 

Laba per saham melonjak 26 persen karena lebih sedikit saham yang beredar sementara pendapatan naik tipis 1 persen.

Awal bulan ini, Bank of America Corp mengungkapkan kompensasi tahunan CEO Brian Moynihan naik 15 persen menjadi US$ 27 juta.

Pada bulan Januari, Morgan Stanley mengatakan pembayaran keseluruhan CEO James Gorman naik 7 persen menjadi US$ 29 juta, dan kompensasi CEO JPMorgan Chase & Co naik 5 persen menjadi US$ 31 juta. 





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading