Internasional

Damai Dagang AS-China Semakin Dekat

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
07 February 2019 - 07:19
Damai Dagang AS-China Semakin Dekat
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin mengungkapkan keyakinannya akan kemajuan yang dicapai dalam perundingan dagang antara AS dan China.

Ia mengatakan dirinya dan delegasi AS akan berkunjung ke China pekan depan demiĀ menyelesaikan kesepakatan dagang sebelum tenggat waktu 1 Maret tiba.



"Kami berkomitmen melanjutkan pembicaraan ini," kata Mnuchin di acara Squawk Box di CNBC, Rabu (6/2/2019). "Kami mencurahkan upaya yang sangat besar untuk memenuhi tenggat waktu dan mencapai kesepakatan. Itulah tujuan kami."


Mnuchin mengatakanĀ pertemuan antara pemerintah dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He sangat produktif.

Damai Dagang AS-China Semakin DekatMenteri Keuangan AS Steven Mnuhcin (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)

Kedua negara telah saling mengenakan bea impor sejak awal tahun lalu setelah AS menuduh China melakukan pencurian kekayaan intelektual dan mendesak Negeri tirai Bambu melakukan beberapa perubahan ekonomi struktural.


Perang tarif impor itu berhenti sejenak setelah Presiden AS Donald Trump dan Presiden China menyepakati gencatan senjata 90 hari awal Desember lalu.

"Kami sedang berupaya mencapai perjanjian komprehensif terkait berbagai isu," kata Mnuchin, dilansir dari CNBC International. "Kabar baiknya adalah kami telah membicarakan isu-isu ini sepanjang tahun lalu."

Mnuchin akan menjadi bagian dari delegasi yang berkunjung ke Beijing untuk melanjutkan perundingan dagang. Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer akan memimpin negosiasi dengan bantuan Mnuchin dan pejabat lainnya.


Simak video cuplikan pidato Trump terkait perang dagang berikut ini.

[Gambas:Video CNBC] (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading