Pertamina Cari Mitra untuk Kelola Blok Rokan

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
17 January 2019 14:12
Pertamina Cari Mitra untuk Kelola Blok Rokan
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) membuka opsi untuk bermitra dalam mengelola Blok Rokan.

"Mengenai blok Rokan, dalam ketetapan menteri kami memang diarahkan untuk mencari mitra, dan kami melihat itu sebagai sebagai sesuatu yang harus kami jalankan," ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu kepada media saat dijumpai dalam paparan kinerja Direktorat Hulu Pertamina, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (17/1/2019).




Salah satu prestasi sektor energi di empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah berhasilnya merebut aset-aset pertambangan migas maupun mineral raksasa RI dari tangan asing, salah satunya adalah blok Rokan. 

Blok Rokan yang berada di Riau merupakan blok minyak terbesar di RI, selama puluhan tahun dipegang oleh Chevron Pasific Indonesia pada 2021 mendatang akan beralih ke PT Pertamina (Persero). 

Untuk memenangkan blok ini, Pertamina merogoh kocek cukup dalam yakni dengan penawaran bonus tanda tangan hingga nilai US$ 784 juta atau setara Rp 11 triliun. Ini merupakan nilai tanda tangan terbesar dalam sejarah RI. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pun buka suara terkait kekhawatiran ini. "Itu juga jadi perhitungan ESDM, makanya di Kepmen saya, Rokan itu kita wajibkan sebelum ambil alih kelola di 8 Agustus 2021, Pertamina wajib untuk bermitra," kata Jonan dalam wawancara khusus bersama CNBC Indonesia, Selasa (23/10/2018).

Mitra untuk mengelola bisa dari dalam atau luar negeri, tapi yang pasti harus dipilih yang terbaik agar bisa pertahankan produksi atau bahkan ditingkatkan. "Dan harapan pemerintah supaya hulu migas yang dikelola Pertamina itu bisa efisien."

Pertamina Cari Mitra untuk Kelola Blok Rokan Foto: Infografis/10 Raksasa Minyak indonesia selama 2018/Arie Pratama
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading