Internasional

Pemerintahan Trump Lumpuh, 800 Ribu PNS AS Tak Digaji

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 December 2018 15:23
Shutdown dilakukan karena Senat tak sepakat soal anggaran sebesar US$5 miliar untuk bagun tembok perbatasan AS-Meksiko.
Jakarta, CNBC Indonesia - Majelis tinggi Amerika Serikat (AS) gagal mencapai kata sepakat pada anggaran pengeluaran AS hingga waktu ditentukan sehingga pemerintahan yang dipimpin Donald Trump harus tutup (shutdown) hingga jangka waktu yang tidak ditentukan.

Shutdown dipastikan terjadi setelah Senat AS menunda rapat menjadi lewat pukul 8 malam pada Jumat (21/12/2018) karena Partai Demokrat tetap menolak anggaran pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko sebesar US$5 miliar yang diajukan oleh Donald Trump.

New York Times memberitakan shutdown akan membuat berdampak pada 420.000 pegawai negeri AS yang tidak akan digaji hingga anggaran turun dan 380.000 pegawai negeri diliburkan hingga pembahasan anggaran disetujui.


NBC News melaporkan penutupan ini akan berdampak pada tujuh lembaga di pemerintah AS. Kembaga ini sudah tidak memiliki biaya operasional lagi sejak Jumat tengah malam.

Beberapa diantara lembaga yang kemungkinan akan mengalami penundaan gaji dan tidak beroperasi sebagaimana mestinya itu adalah lembaga Keamanan Dalam Negeri, Transportasi, Perdagangan, Interior, Pertanian, Perumahan dan Pembangunan, dan Keadilan Kota. Lembaga independen lainnya seperti NASA, FDA, EPA, dan IRS harus meliburkan sebagian besar karyawan mereka.

Pegawai yang harus bekerja tetapi tidak digaji adalah mereka yang ditempatkan pada instansi yang dianggap penting. Petugas pemasyarakatan, agen FBI, Marshals AS, karyawan TSA, petugas Patroli Perbatasan, karyawan Penjaga Pantai, petugas pemadam kebakaran Dinas Kehutanan dan peramal Layanan Cuaca semuanya diperkirakan akan terus bekerja tanpa bayaran.
 
Pemerintahan Trump Lumpuh, 800 Ribu PNS AS Tak DigajiFoto: Gedung Capitol, kantor kongres Amerika Serikat (Reuters)

Layanan Taman Nasional sempat ditutup selama 16 hari pada 2013 silam masih tetap terbuka, tetapi pusat pengunjung taman kemungkinan akan tutup. Meski taman akan tetap terbuka, namun staf-nya tidak akan melakukan pemeliharaan dan perawatan seperti selayaknya bekerja normal.
 
Museum Smithsonian dan Kebun Binatang Nasional di Washington akan menggunakan sisa dana untuk tetap buka dan membayar karyawan hingga 1 Januari. Tidak jelas apakah mereka akan tetap buka selepas Hari Tahun Baru nanti.

Kantor pos juga akan tetap buka, sehingga pengiriman barang di masa Natal tidak akan terpengaruh oleh penutupan.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading