Internasional

Trump Berharap Lumpuhnya Pemerintahan AS Tak Berlangsung Lama

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
22 December 2018 14:48
Pemerintah AS resmi ditutup sementara karena Senat tidak menyetujui anggaran yang diajukan Donald Trump.
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Jumat (21/12/2018) mengatakan ia berharap penutupan atau shutdown sebagian pemerintahan tidak akan berlangsung lama, setelah senator Republik gagal mengumpulkan suara yang diperlukan untuk menyetujui langkah pendanaan yang termasuk didalamnya pendanaan senilai US$ 5 miliar untuk dinding perbatasan AS-Meksiko.
 
"Kami akan melakukan shutdown. Tidak ada yang bisa kita lakukan tentang itu karena kita membutuhkan Demokrat untuk memberikan suara kepada kita," kata Trump dalam video yang diposting ke akun Twitter-nya beberapa jam sebelum tenggat waktu tengah malam untuk disetujuinya Rancangan Undang-Undang pengeluaran yang dipermasalahkan.
 
"Semoga penutupan tidak berlangsung lama." Tambahnya, seperti dilansir dari Reuters.
 
Trump dalam kampanye pemilihan presiden pada tahun 2016 mengatakan akan membangun sebuah tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko untuk memerangi imigrasi ilegal dan perdagangan narkoba. Namun, langkahnya ditentang keras oleh Demokrat karena dianggap tidak perlu dan tidak efektif.
 
Sebelumnya, beberapa saat sebelum bertemu dengan Senat Partai Republik di Gedung Putih, Trump menulis di Twitter bahwa "Demokrat yang menyebabkan penutupan."
 
Itu bertolak belakang dengan apa yang dikatakannya selama debat di televisi dengan Pemimpin Demokrat Senat Chuck Schumer di Gedung Putih pada 11 Desember.
 
"Saya bangga menutup pemerintah untuk keamanan perbatasan, Chuck, karena orang-orang di negara ini tidak ingin penjahat dan orang-orang yang memiliki banyak masalah dan narkoba masuk ke negara kita," kata Trump.
 
"Saya yang akan menjadi orang yang menutup pemerintahan." Tambahnya.

[Gambas:Video CNBC]






(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading