Freeport Kembali ke Pangkuan , Ini Curhatan Jokowi

News - Wanti Puspa, CNBC Indonesia
22 December 2018 11:19
Freeport Kembali ke Pangkuan , Ini Curhatan Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar baik di penghujung tahun 2018 buat semua warga Indonesia. PT Freeport Indonesia kini resmi sudah kembali ke pangkuan ibu pertiwi. 

Upaya divestasi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo kini telah membuahkan hasil, dengan ditandatanganinya dokumen dan pelunasan transaksi pada hari ini. Indonesia kini resmi menguasai 51% saham PT Freeport Indonesia. 

Freeport Kembali ke Pangkuan , Ini Curhatan JokowiFoto: Aristya Rahadian Krisabella

Indonesia mengakuisisi PT Freeport Indonesia lewat holding BUMN Pertambangan, PT Inalum (Persero) dengan nilai mencapai US$ 3,85 miliar atau setara Rp 55,8 triliun. Untuk membeli 51% saham PT Freeport Indonesia ini, Inalum menerbitkan surat utang global senilai US$ 4 miliar, salah satu nilai terbesar sepanjang sejarah RI. 


Dengan kesepakatan di atas, Indonesia kini memiliki kendali atas cadangan terbukti dan terkira di lapangan PTFI yang secara kasar bernilai Rp 2.400 triliun, yang terdiri dari 38,6 miliar pound tembaga, 33,8 juta ounce emas, dan 156,2 juta ounce perak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut meluapkan kegembiraannya atas rampungnya akuisisi ini. Luapan kegembiraan ini disampaikannya melalui akun instagram pribadinya @jokowi.

[Gambas:Instagram]
Dalam postingan yang telah mendapat lebih dari 629 ribu penyuka, Jokowi menyampaikan rasa syukur atas momen bersejarah ini. Bagaimana tidak? setelah beroperasi sejak tahun 1973, baru kali ini Indonesia mampu kuasai kepemilikan mayoritas.

"Hari ini, dengan mengucap syukur Alhamdulillah, saya menyampaikan bahwa saham PT Freeport Indonesia sebanyak 51,2 persen sudah beralih ke Indonesia melalui PT Inalum.

Momen di penghujung tahun ini sungguh bersejarah, Freeport yang beroperasi di Indonesia sejak 1973, baru hari ini kita kuasai dengan kepemilikan saham mayoritas." ujar Jokowi melalui unggahan dalam instagram pribadinya @jokowi, (Jumat, 21/12/2018).

Nantinya, segala pendapatan dari Freeport Indonesia baik pajak, non pajak, royalti, dan lain sebagainya akan pemerintah gunakan untuk kemakmuran rakyat.

Di akhir caption unggahannya, Jokowi juga menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Papua yang akan mendapatkan 10 persen dari saham yang ada. 
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading