Ini Tol Jawa 180 Km yang Diresmikan Jokowi Sebelum Tutup 2018

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
07 December 2018 12:27
Ini Tol Jawa 180 Km yang Diresmikan Jokowi Sebelum Tutup 2018
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 kilometer (km) tersambung sebelum tutup tahun ini. Untuk itu, akan ada empat ruas tol yang akan diresmikan bulan ini.

Empat tol dengan panjang total 180 km tersebut adalah, Tol Pemalang - Batang (33 Km), Batang - Semarang (75 Km), Salatiga - Solo (33 Km), dan Wilangan - Kertosono (39 Km).

Dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, Jumat (7/12/2018), pemerintah menargetkan keseluruhan Tol Trans Jawa dari Merak (Banten) hingga Surabaya (Jatim) sepanjang 870 km akan tersambung, dan dapat digunakan pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.



Jokowi juga sempat mengatakan, dirinya berencana mencoba jalan tol tersebut, untuk menghitung waktu tempuh yang diperlukan dari Jakarta hingga ke Surabaya.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, progres pembangunan ruas tol Pemalang - Batang, Batang - Semarang, Salatiga - Solo sudah mencapai 99%. Sementara ruas Wilangan - Kertosono sudah mencapai 95%.

"Tinggal penyelesaian pekerjaan yang kecil-kecil, seperti median concrete barrier," ujar Basuki.

Sementara Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Desi Arryani, menyampaikan para pelaku industri jalan tol sejauh ini terus berupaya menyelesaikan proyek yang tengah digarap. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di tanah air.
(wed/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading