Jokowi Resmikan Tol Jakarta-Surabaya Bulan Depan

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
27 November 2018 11:28
Jokowi Resmikan Tol Jakarta-Surabaya Bulan Depan
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah proyek infrastruktur yang segera diresmikan. Proyek tersebut antara lain sejumlah ruas jalan tol dan fasilitas di bandara.

"Awal bulan depan, kita akan meresmikan proyek infrastruktur yang kita bangun 4 tahun ini. Tol Jakarta-Surabaya akan sambung," katanya dalam acara Kompas CEO Forum, Selasa (27/11/2018).

"Lalu, Bakauheni-Terbanggi 149 km kita resmikan, ke Palembang. Saya tanya ke kontraktor [kapan selesai], mereka bilang Juni, saya tawar April biar ada manfaatnya. Bukan [karena] pemilu lho, tapi Lebaran," ujar Jokowi.



Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno telah menelusuri jalan tol Surabaya hingga Jakarta yang masuk dalam proyek Trans Jawa. Dia menuturkan jika seluruh ruas tol tersambung, maka waktu tempuh Jakarta-Surabaya diperkirakan sekitar 9 jam. 

[Gambas:Video CNBC]

Adapun di dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyoroti proyek pembangunan landas pacu atau runway ketiga di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, diperkirakan akan selesai pada tahun depan.

"Ini saya tunggu akhir 2018 runway 3 Soekarno-Hatta, tapi karena pembebasan lahan, jadi mundur tengah 2019. Ini berasa antre mau pesawat naik atau landing harus antre setengah jam," ujar dia.


Jokowi mengatakan pembangungan runway ketiga itu dinilai terlambat sehingga menghambat pertumbuhan konektivitas dari dan ke Indonesia.

"Padahal banyak yang mau nambah, India, Qatar, Singapura, China, Thailand, mereka minta tapi kita enggak kasih karena slot Bandara Soekarno-Hatta penuh. Saya minta Menteri BUMN agar cepat diselesaikan," katanya.

[Gambas:Video CNBC] (ray/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading