Trans Jawa, RI Kebut Tol Probolinggo-Banyuwangi 173 Km

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
27 June 2020 17:09
Suasana pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere yang melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere di Tangerang Selatan, Jumat (29/5/2020).  Jalan Tol tersebut memiliki total panjang 10,14 kilometer hampir rampung yang rencana diperkirakan pertengahan tahun 2020 bisa digunakan. Pantauan CNBC Indonesia beberapa jalan tersebut masih masih dalam proses pengerjaan. Truk truk pasir berbanjar di proyek tersebut. Awalnya jalan tol ini ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran tahun 2020.Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere. Jalan Tol yang termasuk bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ini akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan 173 kilometer (km) ruas tol Probolinggo-Banyuwangi.

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur terutama jalan tol berdampak sangat positif untuk menarik investor untuk berinvestasi di dalam negeri.

"Kalau jalan tol Trans jawa saya sampaikan ada 1.220 km, sekarang sudah sampai ke Probolinggo, tinggal Probolinggo-Banyuwangi 173 km, mudah-mudahan segera kita mulai," kata Basuki dalam video conference, Sabtu (27/6/2020).


Untuk diketahui tol Trans Jawa memiliki panjang sekitar 1.220 km, dari situ yang sudah beroperasi tercatat ada 22 ruas sepanjang 1.002 km dan sekitar 218 km masih dalam tahap penyelesaian. Sedangkan untuk ruas Pasuruan Probolinggo sepanjang 45 km masih dalam tahap konstruksi.

Selain jalan tol, Basuki mengungkapkan pihaknya juga sedang mengebut beberapa proyek infrastruktur yang terhubung dengan tujuan tempat wisata, seperti pembangunan jalan menuju wisata Puncak Waringin di NTB, hingga pembangunan jalan penunjang menuju lokasi MotoGP di Mandalika.

"Kemudian percepatan jalan tol, di NTB itu ada Mandalika, termasuk di tiga gili. kemudian bangun jalan dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika untuk 2022 akan ada MotoGP," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading