Internasional

Trump Batalkan Pertemuan dengan Putin di G20

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
30 November 2018 12:14
Trump Batalkan Pertemuan dengan Putin di G20
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Kamis (29/11/2018) tiba-tiba membatalkan pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang rencananya akan dilakukan di sela-sela acara G20 akhir pekan ini di Argentina.

Trump, melalui dua postingan Twitter mengatakan pembatalan pertemuan dengan Putin yang awalnya akan diadakan hari Sabtu itu disebabkan karena kegagalan Rusia untuk melepas tiga kapal dan pelaut yang disita dan ditahan dari Ukraina akhir pekan lalu di Laut Hitam.

Trump Batalkan dengan Putin di G20Foto: Twit Presiden AS Donald Trump mengenai pembatalan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Twitter)
Namun, melansir CNBC International, postingan media sosial Trump itu dibuat hanya beberapa jam setelah Trump secara pribadi mengatakan kepada wartawan bahwa dia mungkin akan bertemu dengan Putin.

Dan postingan itu muncul hanya dua jam setelah mantan pengacara Trump, Michael Cohen, mengaku bersalah berbohong kepada Kongres tentang keterlibatan presiden dalam kesepakatan real estate yang dibatalkan di Moskow.



"Saya mungkin akan bertemu dengan Presiden Putin. Kami belum memutuskan pertemuan itu," kata Trump di luar Gedung Putih pada Kamis, sesaat sebelum berangkat ke Buenos Aires.

"Saya sedang memikirkannya, tetapi mereka ingin melaksanakannya. Saya pikir ini waktu yang sangat baik untuk mengadakan pertemuan. Saya mendapatkan laporan lengkap itu saat berada di pesawat, serta apa yang terjadi dengan itu dan itu akan menentukan apakah saya akan bertemu."

Seorang juru bicara Putin mengatakan Kremlin tidak memiliki informasi resmi tentang keputusan Trump untuk membatalkan pertemuan itu.

Terlepas dari pembatalan Trump, anggota delegasi G20 dari Amerika dapat bertemu dengan rekan-rekan mereka dari Rusia, dan Trump dan Putin masih bisa berbicara satu sama lain di pertemuan.



Penasihat Keamanan Nasional John Bolton mengatakan pada hari Selasa bahwa jika Trump dan Putin bertemu, itu akan menjadi "kelanjutan dari diskusi mereka di Helsinki," di mana kedua pemimpin bertemu pada bulan Juli. Pada pertemuan di Finlandia, para presiden telah berbicara tentang pengawasan senjata dan masalah keamanan lainnya.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading