Internasional

Gedung Putih Undang Putin ke Washington

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
26 October 2018 18:14
Gedung Putih Undang Putin ke Washington
Jakarta, CNBC Indonesia - Gedung Putih telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Washington, kata Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton, Jumat (26/10/2018).

Putin dan Trump telah bertemu beberapa kali di sela-sela pertemuan multilateral, tetapi hanya menyelenggarakan satu kali pertemuan bilateral tingkat tinggi di Helsinki, ibukota Finlandia, Juli lalu.


"Kami telah mengundang Presiden Putin ke Washington," kata Bolton, dilansir dari Reuters. Belum jelas apakah Putin telah menerima undangan itu.


Setelah pertemuan di Helsinki, Trump dituduh gagal mempertahankan pendirian di depan pemimpin Rusia oleh para lawan dan beberapa anggota Partai Republik, yang notabene kubu pendukungnya.

Topik kunjungan Putin ke AS sangatlah populer. Pasalnya, lembaga intelijen AS menduga Rusia ikut campur di dalam pemilu kepresidenan tahun 2016 untuk membantu Trump menang. Rusia membantah semua dugaan itu.

Gedung Putih Undang Presiden Rusia ke WashingtonPresiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
Trump mengatakan AS memiliki kepentingan untuk membangun hubungan kerja yang kuat dengan Putin.

Trump dan Putin berencana menyelenggarakan pertemuan bilateral di sela-sela acara di Paris pada tanggal 11 November guna memperingati seabad berakhirnya Perang Dunia I.

Bolton, yang berbicara dalam konferensi pers saat mengunjungi Georgia, berkata pertemuan mereka di Paris akan berlangsung singkat. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading